Pentingnya Nutrisi Pasca Exercise

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

221

Setiap pria dan wanita tentunya ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan sehat, untuk mencapai hal itu mereka sering berolahraga. Fitness adalah salah satu contoh olahraga yang sangat diminati oleh banyak orang. Latihan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya membantu meningkatkan kualitas tidur, membantu mempercepat metabolisme tubuh, membakar kalori pada tubuh, membantu membentuk otot- otot tubuh, memicu keluarnya hormon endorfin yang akan membuat kita merasa bergairah, mencegah terjadinya penyusutan otak, menurunkan risiko terkena penyakit tertentu, memperkuat tulang, menurunkan berat badan, meningkatkan komposisi tubuh, sebagai penghilang stres, menyegarkan tubuh, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan membuat tubuh terasa lebih bugar dan ringan.

Tetapi, sesudah fitness, umumnya tubuh menjadi lelah, capek, atau ngantuk. Tentu saja hal ini wajar karena tubuh kekurangan energi dan butuh asupan nutrisi agar terjadi regenerasi. Apa saja nutrisi yang tepat pasca exercise agar dapat membentuk massa otot lebih baik?

  1. Dada Ayam dan sayuran

Dada mengandung protein tinggi yang berguna untuk pembentukan otot, selain itu kandungan lemak jenuh dada ayam lebih rendah dibanding daging merah. Dada ayam juga mengandung mineral berupa kalsium, tembaga, zat besi fosfor, kalium, zinc, serta vitamin A dan B. Untuk nutrisi optimal bagi pembentukan otot, konsumsi dada ayam ini dengan sayuran, hindari nasi ataupun kentang. Tapi ingat, jangan sekali-kali tergiur dengan memakan kulit ayam tersebut.

  1. Telur

Konsumsilah telur setelah fitness untuk mengembalikan lagi energi dalam tubuh Anda. Telur membuat rasa kenyang lebih lama dan tetap berenergi selama melakukan latihan fitnes, sebab tubuh mencerna protein lebih lambat ketimbang zat lainnya. Protein dalam telur juga membantu mengurangi rasa lapar setelah melakukan latihan fitnes. Selain rendah kalori, telur kaya kandungan protein, vitamin D, vitamin B12, dan selenium yang bermanfaat untuk otot, jaringan, dan sel tubuh.

  1. Alpukat

mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau diolah menjadi jus setelah latihan fitness merupakan hal yang sangat baik sebab dapat menggantikan energi yang hilang dan membantu mencegah peradangan saat latihan. Protein pada buah alpukat sangat mudah diserap tubuh karena kandungan serat tinggi dalam buah ini. Buah ini juga diketahui memiliki banyak nilai nutrisi di dalamnya, termasuk karbohidrat, lemak, serat, protein, dan lainnya. Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat karbohidrat sebesar 7,70 gram yang akan membuatmu kenyang lebih lama.

  1. Kentang Rebus

Kentang merupakan jenis umbi – umbian yang kaya akan mineral penting yang bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membangun tulang yang kuat dan menjaga fungsi saraf dan otot. Kentang menjadi salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Kentang yang direbus lebih kaya akan protein, mineral, terutama kalium, fosfor, dan vitamin B kompleks serta vitamin C alami. Kentang rebus juga lebih rendah kalori dan lemak, namun tinggi kadar serat.

Selamat berolahraga dan tetap sehat selalu! (RA/CM)

Sumber:

  1. http://www.caramakan.net/2016/06/makanan-fitnes-untuk-pemula.html
  2. http://cosmopolitanfm.com/4-makanan-yang-baik-dikonsumsi-setelah-fitnes/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store