Pentingnya Olahraga Untuk Pemulihan Pasca Stroke

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

662

Stroke merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan beban mental dan fisik terbesar di fase penyembuhan dan rehabilitatif. Penanganan yang tidak optimal seringkali menyebabkan penderita terpaksa menghabiskan sisa hidupnya di atas alat bantu untuk aktivitas sehari-hari. Dan bukan hanya itu, penderitapun terpaksa bergantung pada orang lain. Keyataan ini seharusnya memuka mata kita bahwa proses rehabilitasi adalah salah satu milestone terpenting dalam upaya optimalisasi kualitas kehidupan pasien kelak.

Salah satu proses rehabilitasi melibatkan peran olahraga. Olahraga pasca stroke sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan, mengoptimalisasi kualitas hidup pasien, juga mencegah gangguan berbagai penyakit termasuk stroke ulangan. Manfaat langsung dari olahraga tentu saja dapat segera terlihat, misalnya: penurunan denyut nadi, tekanan darah lebih terkontrol, gula darah dan kadar lemak yang lebih baik dan perbaikan berbagai parameter kesehatan lainnya.

Adapun beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk pemulihan stroke adalah :

  1. Jalan kaki

Berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup penderita stroke. Disarankan untuk berjalan kaki bersama keluarga. Selain baik untuk tubuh, hal tersebut tentu saja baik untuk kesehatan psikologis. Jangan memaksakan diri tetapi jangan juga cepat menyerah jika merasa lemas dan lelah setelah berjalan beberapa menit.

  1. Gerakan lengan

Lakukan olahraga yang banyak menggunakan lengan. Beberapa pemanasan dapat membantu agar tangan dapat kembali berfungsi seperti semula. Sebagai alternatif cobalah melakukan olahraga tangkap bola. Mintalah keluarga untuk membantu melempar bola. Olahraga ini menstimulasi otak untuk memberikan instruksi pada jemari untuk menangkap bola.

  1. Senam

Senam memiliki gerakan yang berulang. Gerakan yang berulang tersebut dapat membantu kerja otak, dan melatihnya untuk berkoordinasi dengan tubuh. Pasanglah musik untuk membuat gerakan senam menjadi lebih menyenangkan.

Kesembuhan penderita stroke akan lebih cepat dengan adanya dukungan penuh dari keluarga dan orang-orang sekitar. Dukungan tersebut dapat dilakukan dengan menemani pasien saat berolahraga, serta memotivasi dengan kata-kata yang halus untuk meyakinkan bahwa mereka pasti bisa melakukan olahraga tersebut. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Fajar R. 4 Olahraga Untuk Pemuluhan Penyakit Stroke. https://1health.id/id/article/category/sehat-a-z/4-olahraga-untuk-pemulihan-penyakit-stroke.html
  2. Sulaeman S. Jenis Olahraga Yang Tepat Dilakukan Bagi Pasian Pasca Stroke. https://health.detik.com/berita-detikhealth/3410760/jenis-olahraga-yang-tepat-dilakukan-bagi-pasien-pasca-stroke
  3. Olahraga Yang Tepat Bagi Penderita Stroke. https://rsud.banjarkota.go.id/artikel-kesehatan/olahraga-yang-tepat-bagi-penderita-stroke/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store