Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan Bagi Ibu Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

218

Untuk para mommy yang sedang dalam masa bahagia saat menanti kehadiran sang buah hati pemeriksaan kehamilan merupakan agenda wajib yang harus dilakukan. Dengan pemeriksaan yang rutin, dokter bisa memantau kondisi kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan. Anda dapat mengetahui perkembangan kehamilan, tingkat kesehatan kandungan, kondisi janin, dan bahkan penyakit atau kelainan pada kandungan yang diharapkan dapat dilakukan penanganan secara dini.

Pemeriksaan kehamilan, atau yang juga sering disebut sebagai antenatal care, idealnya dilakukan minimal 8 kali. Anda perlu meluangkan waktu sebulan sekali untuk memeriksakan diri ke dokter selama masa enam bulan pertama kehamilan. Saat memasuki usia 7-8 bulan kehamilan, lakukan pemeriksaan tiap dua minggu sekali. Intensitas kunjungan ditambah menjadi satu kali per minggu, ketika kehamilan menginjak usia sembilan bulan.

Penting bagi mommy untuk mengetahui berbagai tahapan check up yang akan selalu membantu mommy dalam masa kehamilan. Konsultasi tahap awal merupakan konsultasi pertama yang harus mommy ketahui, pada saat ini dokter kandungan atau bidan akan memulai pemeriksaan dengan menghitung tanggal konsepsi awal, dan selanjutnya akan diikuti dengan investigasi mengenai riwayat kesehatan mommy yang mungkin akan memberikan pengaruh bagi janin dalam kandungan mommy. Jika Anda tidak ingat pasti kapan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), maka pemeriksaaan USG akan dianjurkan untuk menentukan berapa usia janin.

Pada setiap kunjungan baik ke bidan maupun ke dokter, ibu akan dilakukan pemeriksaan rutin meliputi tekanan darah, berat badan, tinggi badan, serta pemantauan perkembangan janin. Pada saat pemeriksaan kehamilan, dokter akan mengingatkan Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok dan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol, serta menjauhi zat-zat beracun yang bisa membahayakan kandungan. Selain itu, dokter juga akan memberikan suplemen asam folat untuk ibu hamil selama kehamilan trimester pertama.

Selain beberapa pemeriksaan dasar diatas, beberapa pemeriksaan lain yang mungkin akan Anda jalani yaitu:

  • Tes urine

Tes ini digunakan untuk mengetahui jika ada infeksi saluran kemih atau ginjal. Tes urine juga dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat protein atau gula dalam urine.

  • Tes darah

Tes darah berguna untuk mengetahui golongan darah (termasuk status rhesus Anda), mengukur kadar hemoglobin, mengetahui apakah Anda memiliki kondisi infeksi tertentu, seperti cacar, rubella, hepatitis B, sifilis, gonore, klamidia, toksoplasmosis, atau HIV/AIDS.

  • Tes skrining janin

Tes ini dapat memberikan gambaran mengenai kondisi kesehatan janin Tes yang bisa dilakukan yaitu USG atau tes darah. Jika diperlukan, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan genetik pada janin.

Masa kehamilan merupakan momen penting bagi setiap wanita, untuk itu kontrol kesehatan rutin ke dokter merupakan hal yang wajib dilakukan, agar mommy dan calon baby sehat sampai masa persalinan nanti. (RH)

Daftar Pustaka


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store