PENTINGNYA POSYANDU UNTUK KESEHATAN IBU DAN ANAK

16

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk  Upaya   Kesehatan   Bersumberdaya   Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Posyandu merupakan wadah titik temu antara pelayanan profesional dari petugas kesehatan dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan masyarakat.

Posyandu diselenggarakan sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan, bisa diselenggarakan lebih dari satu kali dalam sebulan jika diperlukan, sesuai dengan hasil kesepakatan masyarakat termasuk hari dan waktu penyelenggaraan. Tempat penyelenggaraan kegiatan Posyandu biasanya berada di lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Kegiatan Posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan/pilihan. Kegiatan utama mencakup:

  • kesehatan ibu dan anak
  • keluarga berencana
  • imunisasi
  • gizi
  • pencegahan dan penanggulangan diare.

Kegiatan pengembangan/pilihan dapat ditambah kegiatan baru oleh masyarakat disamping lima kegiatan utama yang telah ditetapkan, yang dinamakan Posyandu Terintegrasi.

Pelaksanaan program posyandu sangat penting, karena memiliki pengaruh dan perubahan sosial yang sangat besar. Perubahan sosial tersebut dapat berupa:

  • perubahan cara pandang masyarakat mengenai kesehatan, terutama kesehatan ibu dan anak
  • pemantauan tumbuh kembang anak
  • deteksi penyakit sejak dini

Selain hal-hal diatas, masih banyak keuntungan lain yang bisa menimbulkan perubahan cara pandang masyarakat terhadap kesehatan. Salah satu peubahan yang paling besar adalah perubahan cara pandang pengobatan dan kesehatan yang tadinya berifat alternatif berubah ke pengobatan dan kesehatan medis. Kondisi ini menunjukan bahwa pengaruh program Posyandu cukup besar terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Pengaruh baik Posyandu dapat digambarkan dengan kualitas kesehatan yang semakin baik, misalnya status gizi yang semakin baik, menurunya angka kematian ibu dan bayi, keberhasilan program keluarga berencana, pertumbuhan balita yang terkontrol, pengetahuan masyarakat tentang kesehatan juga bertambah.

Tingkat keberhasilan program Posyandu bergantung pada dukungan dan peran serta dari seluruh lapisan masyarakat. Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama dan juga pengabdian para pengelolanya termasuk juga kader-kader posyandu.

Kegiatan Posyandu diharapkan dapat terselenggara dengan baik, karena memiliki peran yang penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya ibu dan anak. Kegiatan Posyandu yang terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita. (PK)

Referensi:

Kementerian Kesehatan RI. Ayo ke Posyandu Setiap Bulan. Posyandu Menjaga Anak dan Ibu Tetap Sehat. 2012

Depkes RI. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Panduan Praktis: Pelayanan Kesehatan. 2014 

SHARE
Previous articleTUJUAN POSYANDU
Next articleMENGENAL VAKSIN MENINGITIS