Penyakit Akibat Polusi Udara

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

83

Polusi udara adalah salah satu masalah utama yang dihadapi dunia saat ini.  Terutama dalam masalah kesehatan. Kegiatan industri skala besar dan emisi kendaraan bermotor adalah penyebab utama polusi udara lingkungan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir polusi udara dalam ruangan juga telah muncul, yang mana polusi udara ini disebabkan oleh hal-hal yang tampaknya tidak berbahaya seperti hewan peliharaan, memasak, perabotan rumah tangga dan peralatan elektronik.

Nah, partikel mikro beracun yang disebarkan oleh polusi udara dapat memasuki paru-paru kita melalui jalur hidung dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan apa sajakah itu? Mari kita lihat dalam penjelasan artikel berikut:

Definisi polusi udara

Polusi udara adalah zat di udara – baik buatan manusia atau alami – yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan. Kontributor utama polusi udara ini termasuk:

  1. Pembuangan dari mobil, bus, dan pesawat terbang,
  2. Pembakaran batu bara, bahan bakar fosil, dan kayu
  3. Ozon tingkat dasar, yang dihasilkan dari engine dan gas bahan bakar yang berinteraksi dengan sinar matahari.
  4. Polusi udara dalam ruangan, seperti hewan peliharaan, memasak, perabotan rumah tangga dan peralatan elektronik

Beberapa penyakit akibat polusi udara

  1. Penyakit paru dan masalah pernafasan

Penyakit seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), pembengkakan dan iritasi jaringan paru, dapat disebabkan atau dipicu oleh meningkatnya tingkat polusi udara. Paparan polusi udara dapat memperlambat perkembangan paru-paru anak yang sedang berada pada masa tumbuh kembang, dan merusak fungsi paru-paru anak sehingga mengakibatkan penurunan kesehatan.

  1. Kanker paru-paru

Dalam peneltian sebelumnya kanker paru-paru dikaitkan dengan mereka yang sering merokok. Namun beberapa bukti baru menunjukkan bahwa polusi udara juga bisa menjadi karsinogenik. Terutama, orang-orang yang tinggal atau bekerja di ruang-ruang padat dengan ventilasi kecil rentan terhadap polusi udara terkait penyakit.

  1. Masalah kardiovaskular

Menghirup udara yang tercemar untuk waktu yang lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Polutan udara berbahaya seperti karbon monoksida, nitrogen dioksida dan ozon dikenal karena tercampur dalam aliran darah dan menyebabkan gangguan kardiovaskular.

  1. Ancaman untuk wanita hamil dan bayi baru lahir

Polusi udara dapat mempengaruhi kesehatan wanita selama hamil dan juga bayi yang berada dalam kandungan. Biasanya bayi yang belum dilahirkan dapat memiliki sistem kekebalan yang lebih rendah sehingga kandungan selalu lemah.

  1. Kematian dini

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan polusi udara baik jangka pendek dan jangka panjang, dapat mempersingkat hidup atau disebut dengan kematian dini.

  1. Rentan terkena infeksi

Polusi udara meningkatkan risiko infeksi paru-paru terutama pada anak-anak.

  1. Rendahnya berat badan bayi lahir

Beberapa penelitian menunjukkan paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko berat badan bayi lahir yang rendah dan juga kematian bayi.

Cara untuk melindungi diri dari polusi udara

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melidungi diri dari polusi udara yaitu:

  1. Polusi udara biasanya paling tinggi saat atau selama hari yang panas, jadi rencanakan aktivitas luar ruangan anda di pagi atau sore hari.
  2. Hindari berjalan atau bersepeda di jalanan yang kendaraannya banyak.
  3. Kenakan masker saat bepergian,
  4. Bepergian dengan transportasi tertutup,
  5. Tinggal di rumah berventilasi baik, atau juga pertimbangkan permbersih udara dalam ruangan dan kendaraan.
  6. Hindari penyegar udara dan lilin.
  7. Simpan filter pada AC dan pemanas bersih.
  8. Cuci seprai dan boneka mainan untuk menyingkirkan tungau debu.
  9. Cuci semua perhiasan rumah
  10. Buka jendela untuk mengedarkan udara pada hari-hari ketika kualitas udaranya baik.
  11. Konsumsi Makanan yang kaya antioksidan seperti buah dan sayuran juga dapat membantu melindungi tubuh anda dari efek merusak dari radikal bebas yang diciptakan oleh polusi udara. (LM)

Referensi

Protect Yourself and Your Family from Air Pollution. (2018). Retrieved from https:// www.healthline.com/health/protect-yourself-and-your-family-air-pollution#strate gies

The Terrible 10: Air Pollution’s Top 10 Health Risks. (2018). Retrieved from https:// www.lung.org/about-us/blog/2017/04/air-pollutions-top-10-health-risks.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store