Penyakit Saraf Pada Manusia

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

140

Terdapat 3 tipe saraf di tubuh:

  1. Saraf otonom. Saraf ini mengontrol aktivitas yang tidak disadari (involunter) dan sebagian aktivitas yang disadari (volunter).
  2. Saraf motorik. Saraf ini mengontrol gerakan dan tindakan tubuh, membawa informasi dari otak dan sumsum tulang belakang ke otot.
  3. Saraf sensoris. Saraf ini mengantar informasi dari kulit dan otot kembali menuju sumsum tulang belakang dan otak.

Berikut ini jenis-jenis penyakit saraf.

  1. Sindroma Parkinson

Penyakit ini terjadi akibat adanya kerusakan pada bagian otak pengendali jaringan otot, akibatnya, individu pengidap parkinson akan mengalami gemetar yang tidak beraturan pada bagian tubuhnya.

  1. Meningitis

Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput saraf, penyakit ini diakibatkan oleh adanya infeksi virus dan parasit seperti toksoplasma. Meningistis merupakan penyakit yang dapat ditularkan, pencegahan yang dapat dilakukan untuk penyakit saraf ini adalah dengan memberi vaksinasi terhadap parasit penyebabnya.

  1. Migraine

Penyakit ini sering menyerang sebagian besar manusia, gejalanya pusing pada salah satu bagian kepala. Pada umumnya terjadi di kepala bagian samping agak belakang, meskipun terkesan ringan. Migraine bisa merupakan penyakit primer yang tidak diketahui penyebabnya, namun bisa juga terjadi akibat proses penyakit lain yang menyerang otak. Sehingga jangan menyepelekan migraine, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter sehingga Anda dapat mengetahui penyebab migraine yang Anda alami.

  1. Vertigo

Sama seperti migraine, vertigo dapat terjadi sebagai penyakit utama namun bisa juga merupakan gejala dari penyakit lain. Vertigo merupakan sakit kepala diiringi dengan gejala ketidak seimbangan dan penderita pada umumnya mengeluhkan adanya pandangan berputar diikuti mual dan muntah. Vertigo yang terjadi sebagai penyakit utama dapat disembuhkan tanpa obat, namun keadaan vertigo sangat tidak mengenakkan karena dapat menjadikan penderita tidak mampu beraktivitas. Sebelum Anda memutuskan untuk membiarkan vertigo atau tidak mengobatinya, sebaiknya Anda pastikan pada dokter terlebih dahulu penyebab dari vertigo yang Anda rasakan.

  1. Alzheimer

Penderita alzheimer memiliki kehilangan kontrol terhadap diri sendiri, selain itu penderita menjadi sangat pelupa dan sulit sekali mengingat kejadian, lokasi dan bahkan nama. Penyebab utama belum diketahui tetapi disinyalir merupakan penyakit akibat adanya trauma.

  1. Gegar otak

Penyakit ini disebabkan oleh adanya benturan pada bagian kepala sehingga menyebabkan hilangnya memori.

Bagaimana penyakit saraf diobati?

Kerusakan saraf pada banyak kasus tidak dapat diobati seluruhnya, namun ada beberapa variasi terapi yang dapat mengurangi gejala

  • Mengoreksi kekurangan nutrisi
  • Mengontrol kadar gula darah pada orang dengan diabetes
  • Mengubah pengobatan ketika obat yang dikonsumsi menyebabkan kerusakan saraf
  • Terapi fisik atau pembedahan jika terjadi penekanan atau trauma pada saraf.
  • Pengobatan kondisi autoimun
  • Pereda nyeri

Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda, segera lakukan konsultasi pada dokter kepercayaan Anda. Pengobatan dini dan pencegahan lebih baik daripada terlambat. Salam sehat! (TL/STE)


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store