Penyebab Anda Memar Tanpa Sebab

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

226

Pernahkah Anda mengalami memar tanpa sebab? Mungkin terdengar aneh tetapi hal tersebut benar adanya. Namun, banyak yang tidak mengerti mengapa hal ini bisa terjadi sehingga sering mengaitkannya dengan hal-hal non-medis. Memar adalah tanda merah kebiruan pada permukaan kulit akibat adanya kumpulan darah di bawah permukaan kulit. Memar umumnya terjadi ketika ada benturan pada permukaan kulit yang menyebabkan pecah pembuluh darah di bawahnya. Akan tetapi, memar yang terjadi tanpa benturan bisa merupakan tanda dari gangguan tertentu dalam tubuh.

Berikut ini akan kita bahas apa saja penyebab memar tanpa sebab jelas ini.

  1. Olahraga

Hal pertama yang menjadi penyebab dari memar di tubuh adalah olahraga. Saat melakukan olahraga, maka akan ada banyak otot yang mengalami ketegangan. Dan karena ketegangan inilah, tidak jarang membuat pembuluh darah di otot pecah. Jika sudah begitu, maka memar pun akan terjadi di kulit tubuh kamu.

  1. Kencing manis

Untuk penyebab kedua kenapa sering muncul memar di tubuh adalah risiko kencing manis. Kencing manis menyebabkan gangguan pada dinding pembuluh darah dan jaringan kulit serta mengganggu faktor pembekuan darah sehingga bila terjadi perdarahan kecil akan sulit berhenti hingga terlihat sebagai memar yang besar.

  1. Kekurangan vitamin C

Memar yang sering muncul tiba-tiba juga bisa disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Vitamin C berperan dalam membentuk dinding pembuluh darah dan selaput lendir serta jaringan ikat pelindung tubuh sehingga kekurangan vitamin C menyebabkan perlindungan terhadap pembuluh darah juga berkurang.

  1. Penuaan

Untuk penyebab selanjutnya adalah penuaan. Saat menua, maka produksi kolagen dalam tubuh yang akan melindungi kulit menurun. Karena penurunan inilah, tubuh pun akan lebih mudah mengalami memar secara tiba-tiba karena pembuluh darah juga mulai rapuh.

  1. Gangguan darah

Gangguan darah seperti hemofilia dikatakan bisa membuat tubuh mengalami memar secara tiba-tiba karena gangguan pembekuan darah. Bahkan, kontak fisik yang sangat ringan pun bisa menyebabkan memar. Untuk beberapa kasus, memar yang sering terjadi di tubuh karena gangguan darah ini dipercaya sebagai indikasi adanya risiko kanker darah.

Nah, bila Anda sering mengalami memar tanpa sebab yang jelas maka segeralah berkonsultasi kepada dokter karena bisa jadi hal tersebut merupakan sinyal dari tubuh bahwa Anda memiliki gangguan kesehatan yang serius. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Pakdok yang selalu siap melayani Anda setiap saat! Salam sehat. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

Hoffbrand, A.V. Petit, J.E. 1996. Kapita Selekta Haematologi. Jakarta: EGC.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store