Penyebab Bau Mulut Yang Wajib Diketahui

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

153

Bau mulut kelihatannya adalah kondisi yang tak begitu serius bagi kita, tapi bagi orang lain yang mencium aromanya akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga bisa mengganggu sosialisai anda dengan orang lain. Bau mulut bisa jadi tanda adanya suatu gangguan kesehatan gigi, mulut, atau kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan. Dalam bahasa medis bau mulut dikenal dengan halitosis.

Penyebab bau mulut

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebabnya bau mulut di antaranya:

  • Xerostamia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur. Air liur sangat penting untuk membersihkan partikel makanan yang masih tersisa di dalam mulut guna menghindari pertumbuhan bakteri. Penurunan produksi air liur saat mulut Anda kering juga bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut sehingga mengakibatkan bau mulut.
  • Gangguan saluran pencernaan. Infeksi bakteri pylori menyebabkan penyakit asam lambung. Naiknya asam lambung dan bahan-bahan lain yang sebagian telah dicerna ke dalam kerongkongan dan rongga mulut dapat menimbulkan masalah bau mulut.
  • Sinusitis. Aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan dapat menyebabkan bau mulut. Bila memang penyebab bau mulut adalah karena infeksi sinus, untuk pengobatanya tentu perlu antibiotik, namun pastikan obat-obatan ini berdasarkan resep dokter.
  • Infeksi tenggorokan. Beberapa jenis infeksi tenggorokan juga memicu bau mulut. Aktivitas bakteri di tonsil bisa pula menyebabkan bau mulut ringan
  • Konsumsi obat-obatan tertentu. Kadang apa yang kita konsumsi untuk mengatasi satu masalah dapat menimbulkan masalah baru. Dalam hal ini, sebagian obat termasuk obat tekanan darah, antihistamin dan antidepresan dapat menyebabkan mulut kering. Mulut kering berperan penting dalam menimbulkan bau napas tak sedap dikarenakan sifatnya yang menghentikan produksi air liur.
  • Tembakau dan alkohol menyebabkan mulut kering yang berakhir dengan bau mulut. Selain itu, zat pada rokok seperti tar dan nikotin bisa menumpuk di dalam mulut dan memicu penyakit periodontal serta bau mulut. Demikian juga, konsumsi alkohol berpotensi mengakibatkan masalah pencernaan yang juga dihubungkan dengan bau mulut.

Agar masalah bau mulut tidak mengganggu komunikasi Anda dengan orang lain, cara sederhana yang dapat Anda lakukan yaitu selalu menjaga kebersihan mulut dengan rajin sikat gigi, cek keshatan gigi setidaknya 6 bulan sekali, berhenti merokok, minum air putih yang cukup serta memperhatikan makan atau minuman yang dikonsumsi. Anda juga dapat membiasakan berkumur dengan obat kumur penghilang bau mulut setiap setelah makan, agar mulut selalu bersih dan segar.

Selebihnya, untuk mengetahui penyebab pasti keluhan bau mulut yang dialami, sebaiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter Anda, agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (RH/STE)

Daftar Pustaka

Patil S. 2016. Halitosis. Available at https://emedicine.medscape.com/article/867570-overview


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store