PENYEBAB DAN CARA MENCEGAH PENUAAN DINI PADA PRIA

4

Kerutan sebagai tanda penuaan cenderung dianggap sebagai sesuatu yang hanya mempengaruhi orang yang lebih tua, tetapi tahukah anda, kerutan mulai muncul pada orang berusia 20 tahun. Nah, dibandingkan dengan wanita, pria memiliki kulit yang lebih tebal 15 – 25% dari kulit wanita. Pada saat memasuki remaja, pria yang dikenal acuh dengan penampilannya dan tidak memperhatikan kondisi fisiknya khususnya area wajah, pada akhirnya mudah terlihat lebih tua meski usianya belum banyak. Berikut penjelasan mengenai penyebab penuaan dini pada pria dan cara mencegahnya.

Penyebab Penuaan Dini

Ada banyak hal penyebab kondisi kulit menua. Penyebab ini dapat terjadi pada pria dan wanita. Satu hal yang tidak dapat diubah dan dihindari adalah proses penuaan alami. Seiring waktu, akan dimiliki garis-garis yang terlihat pada wajah. Kondisi wajah kehilangan keremajaannya merupakan kondisi yang sangat wajar. Pada periode waktu tertentu, mungkin kulit akan semakin menipis dan kering. Gen berpengaruh besar dalam perubahan tersebut.

Meski begitu, terdapat beberapa faktor lain yang juga berkontribusi terhadap menuanya kulit yaitu lingkungan dan gaya hidup. Berikut beberapa penyebab terjadinya penuaan dini.

  1. Paparan Matahari

Menghabiskan waktu di bawah sinar matahari adalah penyebab utama keriput. Sinar ultraviolet UVA dan UVB adalah yang paling merusak kulit, dan paparan sinar matahari yang berlebihan memiliki efek yang sama dengan luka bakar termal yang dangkal.

  • Merokok

Kerusakan kulit yang disebabkan oleh merokok jelas terlihat ketika anda membandingkan perokok dengan yang bukan perokok.

  • Hormon

Beberapa ahli percaya bahwa perubahan kadar hormon seiring bertambahnya usia dapat menyebabkan keriput. Ketika kadar testosteron semakin rendah seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit berkurang, dan ini dapat menyebabkan keriput.

  • Warna kulit

Pigmen pewarna kulit yang paling penting adalah melanin, yang membantu melindungi kulit terhadap sinar matahari yang berbahaya. Lebih sedikit kerusakan sinar matahari berarti lebih sedikit kerutan.

  • Kehilangan lemak subkutan

Seiring bertambahnya usia anda Anda sering kehilangan lebih banyak lemak subkutan yang terletak tepat di bawah kulit. Kehilangan lemak ini terutama terlihat di wajah, yang membuat keriput terlihat lebih terlihat.

  • Ekspresi kebiasaan

Kebiasaan berekspresi mengerutkan dahi dan manyipitkan mata dapat membentuk garis-garis kerutan, garis-garis di antara alis, dan garis-garis yang memancar dari sudut-sudut mata, ini terbentuk karena kontraksi otot kecil yang permanen.

Cara mencegah penuaan dini pada pria

  1. Mulailah dengan perawatan kulit

Lakukan perawatan wajah dan juga melakukan beberapa hal ini:

  • Jauhi sinar matahari. Jika berada di bawah sinar matahari, maka kenakan tabir surya.
  • Gunakan Pelembab. Menggunakan pelembab dan pembersih yang lembut setiap hari akan membantu terlihat lebih muda. Kulit yang kering dapat melebih-lebihkan tanda-tanda penuaan di wajah dan tubuh.
  • Banyak Minum Air.  6 – 8 cangkir air sehari akan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, memberikan warna kulit yang lebih baik dan penampilan yang terlihat lebih muda.
  • Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan secara keseluruhan dapat membuat terlihat dan merasa lebih muda. Berikut beberap pilihan gaya hidup untuk tetap mempertahankan kesehatan.

  • Tidur nyenyak. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 – 9 jam tidur setiap malam.
  • Berhenti merokok.
  • Makan yang sehat. Mengkosumsi makanan yang sehat dan tepat, baik sayur-sayuran, buah-buahan.
  • Olahraga. “Olahraga akan membantu mempertahankan nada dan fleksibilitas anda,” Pria yang bugar dan langsing akan terlihat lebih muda dan merasa lebih muda daripada mereka yang gemuk dan lembek. (LM)

Referensi

EverydayHealth.com. (2019). A Man’s Guide to Looking and Feeling Younger. [online] Available at: https://www.everydayhealth.com/mens-health/anti-aging-guide.as px [Accessed 18 Feb. 2019].

Verywell Health. (2019). 7 Things That Cause Men’s Wrinkles. [online] Available at: https://www.verywellhealth.com/men-and-wrinkles-2329048 [Accessed 18 Feb. 2019].