Penyebab Dan Pertolongan Pertama Sesak Napas

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

163

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Bernapas merupakan proses pertukaran udara antara tubuh dan lingkungan. Kegiatan ini sangatlah penting bagi kelangsungan hidup. Akan tetapi, pada beberapa orang dan kondisi tertentu, masalah dalam proses pernapasan dapat terjadi. Salah satunya adalah sesak napas, yang tentunya sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Penyebab Sesak Napas

Sesak napas adalah kondisi tidak nyaman yang membuat penderita merasa berat atau sulit saat bernapas. Sesak napas dapat terjadi karena berbagai penyebab dan faktor pemicu. Kegiatan fisik yang terlalu berat, berada di tempat dengan ketingian tertentu, dan faktor berat badan adalah contoh-contoh kondisi yang umum menyertai sesak napas pada seseorang yang ‘normal’. Hal ini karena sesak napas merupakan respon tubuh untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut.

Akan tetapi, sesak napas juga dapat timbul sebagai gejala penyakit lain. Tidak hanya asma, ada beberapa penyakit yang juga dapat memunculkan gejala sesak napas, diantaranya adalah alergi, anemia, maag, GERD, tuberkulosis, penumonia, gagal jantung, serangan jantung, kanker paru, dsb. Sebab itu, meskipun tampak sepele, sesak napas harus diwasapadai bila diikuti dengan gejala-gejala lain yang mengarah pada penyakit-penyakit tersebut. Mengonsultasikan ke dokter adalah langkah paling tepat untuk mendapatkan informasi dan penanganan yang baik sejak dini.

Pertolongan Pertama pada Sesak Napas

Mengindari pemicu sesak napas, terutama bagi penderita asma atau alergi tertentu yang telah diketahui, dan menyiapkan selalu inhaler pereda sesak napas adalah dua hal yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari seseorang yang pernah mengalami sesak napas. Akan tetapi, serangan sesak napas tak jarang timbul secara tiba-tiba tanpa kesiapsiagaan sebelumnya. Penanganan yang tepat sembari menunggu pertolongan tenaga medis terdekat perlu diketahui dan dilakukan agar sesak napas tidak semakin parah. Beberapa hal berikut ini perlu Anda perhatikan agar di masa mendatang dapat membantu seseorang yang sedang terkena serang sesak napas di sekitar Anda.

Pertama, jauhkan penderita dari kerumunan ke tempat yang lebih tenang dengan ventilasi udara yang baik. Bantu penderita untuk memosisikan diri secara nyaman. Hindari memosisikan penderita pada posisi tidur. Posisi setengah duduk dan bersandar lebih direkomendasikan agar penderita dapat bernafas lebih lega.

Lalu, tenangkan penderita. Kepanikan hanya akan membuat napas penderita semakin terburu-buru. Ajak penderita untuk bernapas secara perlahan. Sembari menunggu pertolongan, bantu penderita melonggarkan pakaian yang dikenakannya. Anda dapat membantu melepaskan kancing paling atas, melonggarkan ikat pinggang atau kerudung penderita jika ia memakai hijab.

Satu hal yang perlu menjadi catatan khusus, HINDARI memberi makanan atau minuman, lebih-lebih saat penderita masih dalam keadaan panik. Sebab alih-alih membantu, hal ini dikhawatirkan justru akan membuat penderita tersedak dan keluhan semakin parah.

Jangan lupa untuk segera menghubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat, untuk memberikan pertologan lebih lanjut pada penderita. (HM/STE/CM)

Sumber:

https://homecare.id/blog/pertolongan-pertama-pada-sesak-nafas/

https://healthline.com/health/home-treatments-for-shortness-of-breath#8 , dll


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store