Penyebab Kuku Kaki Berubah Menjadi Hitam

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

112

Pada umumnya warna kuku yang sehat berwarna putih bening. Namun pada sebagian kondisi ada bagian kuku yang berubah warna yaitu berwarna hitam. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal diantara yaitu karena kekurangan nutrisi, adanya infeksi, cedera, hingga beberapa kondisi medis yang lebih serius seperti diabetes, atau bahkan kanker kulit melanoma. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan tentang penyebab kuku kaki berubah menjadi hitam.

  1. Infeksi

Infeksi jamur kuku terjadi ketika jamur menyerang kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau kulit di bawah permukaan kuku. Infeksi jamur kuku lebih rentan terjadi pada mereka yang sering berkeringat, kebiasaan menggigit kuku, dan menggunakan kuku palsu. Kebiasaan merokok, risiko pekerjaan yang sering menyebabkan kuku basah, bertambahnya usia, dan kondisi kesehatan seperti diabetes dan penyakit kulit sensitif juga meningkatkan risiko terinfeksi jamur kuku. Perubahan warna akibat infeksi jamur dan bakteri tidak hanya berupa kuku hitam, bisa juga berwarna putih, kuning, dan hijau. Kuku akan menjadi rapuh, mudah patah, dan bisa terlepas dengan sendirinya.

  1. Trauma

Sebagian besar penyebab kuku kaki menghitam adalah karena adanya hantaman atau benda keras.  Misalnya kaki Anda terlindas ban motor, tertimpa lemari dan penggunaan sepatu yang terlalu ketat atau longgar. Tak jarang, hal itu bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar jari kaki pecah dan akhirnya memar menghitam. Hal ini bisa juga sering disebut sebagai perdarahan dalam.  Kondisi ini juga bisa menyebabkan jari kaki terasa sakit dan bengkak.

  1. Melanoma

Kuku berwarna hitam, kecokelatan, dan ungu gelap bisa menjadi pertanda adanya kondisi medis yang serius. Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang berbahaya. Melanoma kuku umumnya menyebabkan perubahan warna kuku, yang muncul berupa garis tebal berwarna hitam atau cokelat, membentang vertikal dari pangkal kuku hingga ujung kuku. Bisa juga muncul bintik-bintik hitam atau cokelat di bawah kuku

  1. Pigmen kuku yang berubah

Seringkali, terjadinya perubahan warna pada lempeng kuku yang menghitam semata-mata karena warna kulit. Ada kulit di bawah kuku jari kaki dan seperti halnya kulit pada bagian tubuh yang lain, pigmentasi bisa saja terjadi. Bedanya, perubahan warna yang seperti ini simetris dan terjadi pada lebih dari satu kuku. Faktor inilah yang membedakan kondisi kuku kaki hitam yang jinak dan ganas –yang ganas biasanya terbatas pada satu kuku.

  1. Kondisi lain

Kuku hitam juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis lainnya, antara lain diabetes, penyakit ginjal, penyakit jantung, dan anemia. Efek samping obat-obatan seperti kemoterapi dan antivirus, juga dapat menyebabkan kuku hitam.

Jika kuku Anda berubah warna menjadi hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor diatas, maka dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter spesialis kulit, agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab kuku hitam yang Anda alami. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyebab-kuku-kaki-menghitam/\

https://alodokter.com/penyebab-kuku-hitam-dari-ringan-hingga-penyakit-serius


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store