Penyebab Mabuk Perjalanan Dan Tips Mengatasinya

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

280

Mabuk perjalanan (travel sickness) adalah gejala pusing dan mual muntah yang dirasakan seseorang saat dalam perjalanan. Mabuk perjalanan bisa dialami ketika bepergian dengan mobil, kapal laut, pesawat terbang, atau kereta api.

Hal ini disebabkan oleh  gerakan yang tidak biasa seperti goncangan atau berputar-putar dan terjadi dalam waktu yang tidak sebentar. Gerakan yang berulang-ulang ini mengirim banyak pesan (stimulus) ke otak. Sedangkan mekanisme keseimbangan yang ada pada telinga bagian dalam merasakan sinyal yang berbeda dengan yang dilihat oleh mata. Gabungan dari beberapa sinyal yang tidak sinkron ini memberikan otak kita pesan-pesan yang campur aduk dan membingungkan. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya gejala mabuk berupa pusing dan mual-mual bahkan sampai muntah. Gejala lain yang mungkin dialami adalah berkeringat, meneteskan air liur, sakit kepala, badan terasa dingin dan pucat.

Berikut ini cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah mabuk perjalanan baik untuk Anda sendiri maupun orang lain.

  • Cara yang paling mudah adalah mengonsumsi obat mabuk perjalanan sekitar 1 atau 2 jam sebelum berangkat.
  • Pilih tempat duduk Anda. Jika anda bepergian dengan mobil usahakan duduk di kursi paling depan, jika bepergian dengan perahu/kapal maka usahakan duduk di bagian tengah, jika bepergian dengan kereta api usahakan menghadap depan dan duduk dekat jendela, dan jika bepergian dengan pesawat usahakan duduk di kursi sebelah jendela dekat sayap.
  • Usahakan mendapat udara segar. Jika bepergian dengan mobil, pastikan pendingin berfungsi baik. Buka jendela bila memerluka lebih banyak udara. Arahkan pendingin ke arah Anda bila bepergian dengan pesawat dan duduk dekat jendela bila Anda bepergian dengan kapal.
  • Jangan membaca atau menatap layar ketika bepergian dengan mobil, pesawat atau perahu. Lihat keluar jendela atau menatap objek yang jauh.
  • Berbaring dan menutup mata bila mulai terasa pusing, mual atau sakit kepala.
  • Jangan makan makanan berat, berminyak, pedas atau asam baik sebelum dan selama perjalanan.
  • Minum air secukupnya. Hindari alkohol.
  • Tidur malam yang cukup sebelum berangkat.
  • Hindari bau tertentu yang dapat membuat Anda mual, termasuk asap rokok. Jika anda perokok, jangan merokok sebelum berangkat.

Setiap orang mempunyai kepekaan yang berbeda-beda terhadap mabuk perjalanan. Oleh sebab itu, ada baiknya menerapkan pencegahan dan jangan lupa selalu berdoa sebelum berangkat. Semoga bermanfaat. (BR/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://familydoctor.org/condition/motion-sickness/
  2. Neal, M. J. 2006. At a Glance: Farmakologi Medis. Edisi Kelima. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store