Penyebab Obesitas

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

103

Obesitas dapat terjadi ketika kita sering mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Sebenarnya mengonsumsi makanan berkalori tinggi tidak selalu menjadi masalah asalkan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan tiap harinya. Namun, jika kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan tidak diimbangi oleh aktif berolahraga, maka sisa energi dari hasil pembakaran kalori tersebut akan disimpan di tubuh dalam bentuk lemak. Lambat laun, penumpukan lemak tersebut akan bertambah dan membuat tubuh terlihat membesar alias gemuk. Selain itu, obesitas juga dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu yaitu:

  1. Genetik

Genetik alias keturunan adalah salah satu komponen terbesar yang bisa memicu obesitas. Anak dari orangtua yang obesitas jauh lebih berisiko mengalami obesitas dibanding anak yang orangtuanya memiliki berat badan ideal. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Investigastion diketahui bahwa orang yang membawa gen FTO biasanya cenderung banyak makan makanan berlemak dan tinggi gula. Selain itu orang dengan gen tersebut juga biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk merasa kenyang. Nah, hal tersebutlah yang menyebabkan orang dengan gen FTO lebih mungkin untuk mengalami obesitas.

  1. Gaya hidup

Obesitas bisa terjadi dikarenakan gaya hidup seseorang, apalagi zaman sekarang kemajuan teknologi telah berkembang pesat sehingga selain memberikan dampak positif bagi kehidupan seseorang tetapi juga memberikan dampak negatif. Teknologi yang canggih akan menjadikan orang malas-malasan karena semuanya dapat dilakuakan dengan lebih mudah tanpa mengelurakan tenaga yang banyak dengan mesin yang canggih. Misalnya dahulu ketika orang akan mencuci pakaian seseorang harus mengeluarkan banyak tenaga untuk mengucek, mengambil air sekarang dengan menggunakan mesin cuci maka seseorang tinggal memasukkan baju kedalam mesin cuci dan memencet tombol yang ada di mesin cuci. Teknologi yang canggih ini memang menjadika efisiensi waktu serta kemudahan, tetapi disisi lain orang bisa terkena masalah obesitas jika tidak diimbangi dengan aktifitas lain yang dapat membakar kalori serta lemak dalam tubuh. Asupan tenaga serta gizi yang masuk kedalam tubuh lebih besar dibanding tenaga yang digunakan untuk melakukan aktifitas sehingga seseorang akan mengalami obesitas.

  1. Kurang bergerak atau olahraga

Orang yang kurang melakukan aktifitas gerak ataupun olahraga dapat memiliki resiko terkena obesitas lebih tinggi dibanding dengan orang yang aktif melakukan gerakan ataupun olahraga. Orang yang bekerja dengan duduk dan tidak banyak bergerak maka sebaiknya diimbangi dengan melakukan olahraga secara teratur dengan intensitas seminggu sekali atau dua kali ketika weekend, maka hal ini akan membantu tubuh dalam menormalkan tubuh sera membakar lemak dalam tubuh sehingga lemak dalam tubuh tidak menumpuk yang dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

  1. Tidak cukup tidur

Penelitian telah menemukan bahwa jika Anda tidak cukup tidur, Anda berisiko dua kali lipat untuk mengalami obesitas. Berdasarkan penelitian dilakukan di Warwick Medical School di University of Warwick menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan obesitas melalui peningkatan nafsu makan akibat dari perubahan hormonal. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda menghasilkan Ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan. Kurang tidur juga mengakibatkan tubuh Anda memproduksi lebih sedikit Leptin, hormon yang menekan nafsu makan.

  1. Lingkungan

Faktor lingkungan ternyata juga mempengaruhi seseorang untuk menjadi gemuk. Jika seseroang dibesarkan dalam lingkungan yang menganggap gemuk adalah simbol kemakmuran dan keindahan maka orang tersebut akan cenderung untuk menjadi gemuk.Selama pandangan tersebut tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal maka orang yang obesitas tidak akan mengalami masalah-masalah psikologis sehubungan dengan lingkungan.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan obesitas. Sebelum tubuh Anda mengalami obesitas yang dapat membahayakan keselamatan Anda, sebaiknya Anda melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/penyakit/obesitas-kegemukan/

https://doktersehat.com/obesitas-penyebab-obesitas/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store