Penyebab Timbulnya Rasa Malas

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

114

Rasa malas dalam bahasa kekinian sering disebut “mager” atau malas gerak. Rasa malas tentu merupakan kebiasaan buruk yang perlahan-lahan akan mempengaruhi kehidupan Anda dan mencegah Anda untuk mencapai sesuatu.

Beberapa ahli mengatakan bahwa rasa malas yang terus-terusan dapat membuat seseorang apatis, dan bahkan akan berdampak ke psikologis seperti cepat marah, cemas, tidak peduli, dan juga depresi.

Memahami sifat rasa malas serta apa penyebab yang menyertainya, mungkin akan membantu Anda untuk menyingkirkan rasa malas. Nah, pertanyaannya adalah ‘Mengapa bisa timbul rasa malas?’ dan  ‘Bagaimana saya mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Apa itu rasa malas?

Rasa malas adalah sifat atau kebiasaan dimana, seseorang tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan, padahal sebenarnya dia memiliki kemampuan untuk melakukannya. Rasa malas ini biasanya mencerminkan kurangnya disiplin karena kepercayaan diri yang rendah, kurangnya minat dalam melakukan suatu kegiatan, kurangnya harga diri, kurangnya pengakuan positif orang lain dan juga kurangnya keyakinan.

Apa penyebab rasa malas?

Terdapat 10 penyebab timbulnya rasa malas yaitu:

  1. Penundaan. Rasa malas biasanya dibesarkan dari menunda sesuatu yang perlu dilakukan.
  2. Pikiran terganggu. Pikiran terganggu akan hal-hal lain yang seharusnya tidak dipikirkan dapat menyebabkan rasa malas. Semakin Anda tergangu, masa semakin kecil kemungkinan untuk menyelesaikan sesuatu.
  3. Pilihan gaya hidup yang buruk. Rasa malas dapat disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Misalnya lebih banyak menghabiskan waktu untuk aktif di media sosial, menonton film ataupun sering berkirim pesan atau menelpon untuk hal yang tidak penting.
  4. Kelelahan. Saat kelelahan, pikiran menjadi tumpul dan mencegah tubuh berfungsi secara efektif yang akhirnya menimbulkan rasa malas.
  5. Ketidakpastian. Ketidakpastian akan sesuatu yang akan dilakukan dapat menimbulkan rasa malas
  6. Nutrisi buruk. Makanan dan nutrisi menentukan tingkat energi dan aktivitas otak. Jika Anda tidak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi maka anda akan lemah dan lemas sehingga mengakibatkan timbulnya rasa malas untuk memulai atau menyelesaikan suatu aktivitas.
  7. Kurangnya motivasi. Motivasi dapat mendorong seseorang untuk melakukan apa pun yang perlu dilakukan dan dalam waktu yang tepat. Contohnya Jika Anda menyukai pekerjaan Anda maka Anda akan termotivasi untuk menyelesaikannya.
  8. Kurangnya kepercayaan diri. Jika Anda percaya pada diri sendiri, maka Anda akan memiliki dorongan untuk menyelesaikan suatu kegiatan.
  9. Ketidakbertanggungjawaban. Orang yang tidak bertanggung jawab cenderung menjadi orang yang malas.
  10. Terlalu banyak aktivitas yang ingin dilakukan. Ketika seseorang kewalahan dengan hal-hal yang harus dilakukan, otak akan cenderung menjadi bingung dan melambat.

Bagaimana cara untuk mengatasi rasa malas?

  1. Mencari tau masalahnya. Dalam kebanyakan kasus, rasa malas pasti ada alasannya. Olehnya cari alasan itu kemudian cobalah untuk menghilangkannya.
  2. Istirahatkan pikiran. Pikiran Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Jangan begadang untuk sesuatu yang tidak penting seperti begadang karena lebih banyak mengakses media sos Beristirahatlah, dengan beristirahat maka besok Anda akan mendapatkan semangat yang tinggi untuk melakukan sesuatu.
  3. Perhatikan nutrisi Anda. Makanlah makanan dengan nutrisi yang seimbang.
  4. Tingkatkan motivasi dan kepercayaan diri.
  5. Buatlah tabel waktu. Tuliskan hal-hal yang perlu dilakukan dan focus pada waktu tersebut.
  6. Organisir lingkungan A Lingkungan yang berantakan akan mengacaukan pikiran dan menyebabkan kemalasan. organisir lingkungan dengan cara menjaga kebersihannya. (LM)

Referensi

Davidson, N. (2018). 5 Psychological Causes of Laziness – Thriveworks. Retrieved from https://thriveworks.com/blog/5-psychological-causes-laziness/

The 10 Main Causes Of Laziness | Why Am I Lazy?. (2018). Retrieved from https://why amilazy.com/the-10-main-causes-of-laziness/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store