Penyebab Tubuh Kekurangan Gizi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

102

Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa dirinya sudah mengalami malnutrisi. Malnutrisi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan gizi yang menyebabkan tubuh mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius karena tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Banyak aspek yang menjadi penyebab tubuh kekurangan gizi, diantaranya sebagai berikut.

  1. Diet yang berlebihan

Sebagian besar wanita sering melakukan diet yang cukup ektrim agar mendapatkan hasil yang diinginkan, mereka biasanya membatasi asupan makanan tertentu seperti makanan yang mengandung gula, garam, atau lemak. Memang hal tersebut dapat membantu mengatasi beberapa kondisi medis yang diderita, namun dalam hal lain malah hal tersebut dapat membuat tubuh kekurangan zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh.  Sebenarnya diet merupakan kegiatan yang positif, namun sebaiknya sebelum Anda melakukan diet, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter ahli gizi tentang metode diet yang cocok bagi tubuh dan kondisi medis Anda.

  1. Menderita gangguan pencernaan

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami masalah pada pencernaannya. Masalah pencernaan seperti diare dan konstipasi seringkali membuat seseorang malas makan, karena takut masalah pencernaan yang mereka miliki akan terjadi atau kambuh. Selain itu, perut yang kembung, nyeri, serta mual muntah juga dapat menyebabkan nafsu makan menurun. Apabila dibiarkan, kondisi ini akan membawa seseorang menjadi kekurangan gizi.

  1. Gangguan Psikologis

Penyakit lainnya yang dapat membuat seseorang kekurangan gizi adalah anoreksia nervosa. Anoreksia nervosa adalah gangguan pada kejiwaan dan mental seseorang dimana pengidap anoreksia nervosa merasa tubuhnya sangat gemuk, sehingga ia berusaha untuk terus menerus memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan. Hal ini membuat tubuh tidak mendapat nutrisi sehingga tidak jarang orang yang menderita gangguan pencernaan ini memiliki tubuh yang sangat kurus.

  1. Kebiasaan mengonsumsi alkohol

Kebiasaan ini sebaiknya segera dihentikan, karena kebiasaan ini dapat mengganggu kesenatan. Salah satunya adalah mengganggu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. pasalnya bagi orang yang sudah kecanduan mengonsumsi alkohol, orang tersebut pasti akan lupa untuk makan karena dia sudah merasa sangat kenyang karena sudah banyak mengonsumsi alkohol. Padahal tanpa mereka sadari bahwa rasa kenyang yang mereka rasakan tersebut hanyalah gas yang didapatkan dari alkohol yang dikonsumsi sehingga tidak ada nutrisi yang masuk kedalam tubuh.

  1. Keadaan gigi yang kurang baik

Semua orang pasti pernah merasakan bagaimana rasanya sakit gigi? Jangankan untuk makan, bicarapun terasa susah. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab tubuh akan kekurangan cairan. Pasalnya ketika sedang menderita sakit gigi orang tersebut akan mengalami kesulitan atau susah untuk mengunyah makanan. Sehingga tidak ada nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Untuk mengecek apakah tubuh mengalami kekurangan gizi atau tidak, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter. Dokter akan menghitung indeks massa tubuh untuk mengetahui apakah berat badan dan tinggi badan kamu sudah seimbang atau tidak. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka

Mayo Clinic (2017). Senior Health: How To Prevent and Detect Malnutrition.
NHS Choices UK (2017). Malnutrition.

blog.kurio.co.id/2018/01/24/7-penyebab-kamu-kekurangan-gizi/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store