Perangi Gejala “Pikun”

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

316

Pikun merupakan penyakit yang banyak dialami oleh lansia. Karena seiring bertambahnya usia, kemampuan otak seseorang untuk berfikir dan mengingat memang dapat menurun. Namun penyakit ini jangan dibiarkan begitu saja, karena ketika dibiarkan maka kemampuan otak orang tersebut akan semakin melemah. Beberapa aktivitas sehari-hari yang ternyata dapat mencegah serta memperbaiki daya ingat Anda adalah:

  1. Membaca dan menulis

Membaca dan menulis dapat melatih dan menstimulasi sel-sel saraf otak sehingga terus akif, dengan demikian resiko pikun akan menjadi lebih kecil.

  1. Menerapkan gaya hidup sehat

Pola hidup yang sehat tentu saja akan membawa perbaikan dalam metabolisme tubuh kita. Metabolisme yang baik akan meningkatkan fungsi organ sehingga mengurangi resiko terjadinya pikun. Berolahraga teratur, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, mengatur pola tidur, serta berhenti mengonsumsi alkohol dan merokok adalah beberapa gaya hidup sehat yang dapat anda lakukan.

  1. Bermain catur

Permainan catur merupakan suatu olahraga yang baik untuk otak. Permainan ini dapat mengasah dan memaksimalkan fungsi otak serta mendorong seorang untuk berfikir bagaimana cara mengatur strategi menyerang dan bertahan agar tidak kalah.

  1. Aktivitas Sosial

Aktivitas sosial akan menghadirkan banyak ruang untuk berkomunikasi. Ajaklah orang tua Anda untuk berkomunikasi tentang apa saja atau bertemu dengan kerabat-kerabatnya, dengan demikian bagian otak yang mengatur fungsi komunikasi akan terus aktif dan menurunkan resiko mudah pikun.

  1. Aktivitas Spritual

Saat berusia lanjut sebaiknya Anda untuk berfokus melakukan ibadah, selain mendekatkan Anda dengan Sang Maha Kuasa, beribadah juga dapat menjaga dan meningkatkan fokus otak serta menjaga kesehatan mental. Anda juga sebaiknya melakukan puasa karena puasa bermanfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja se-sel otak. (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://halodoc.com/blog/7-cara-cegah-pikun-pada-lansia
  2. https://kompasiana.com/ajuskoto/penyebab-dan-tips-mencegah-pikun-dementia_55172aa5813311ce669de251

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store