Perawatan Wajah Untuk Si Kulit Kering

110

Pernahkan Anda mencuci wajah kemudian kulit terasa sangat kesat? Apabila Anda sering mengalami hal ini jangan dulu merasa senang karena hal ini bukan berarti kulit Anda menjadi bersih namun menandakan Anda memiliki jenis kulit yang kering. Setiap kulit memiliki “kelebihan” masing-masing. Kulit kering memang tidak mudah mengalami jerawatan namun kulit kering lebih sensitif dan bila dibiarkan akan mudah mengalami proses penuaan. Seperti mempercepat timbulnya garis-garis halus lama-lama jadi kerutan.

Selain itu kulit kering mudah mengalami iritasi, gatal dan sulit menyatu dengan make-up. Oh No! Untuk membantu mengatasinya ada perawatan mudah yang bisa Anda ikuti. Ayo di simak!

Gunakan air hangat yang sedang, bukan air panas

Air panas bisa menyebabkan kulit cepat kering. Air hangat bisa membuka pori-pori Anda dan membuat wajah lebih mudah dibersihkan.

Suhu air yang ideal untuk mencuci wajah Anda adalah yang sedikit lebih hangat dari suam-suam kuku. Panas adalah exfoliator alami, sehingga air panas untuk mengupas sel-sel kulit mati dan minyak dan minyak. Namun untuk wajah yang kering sebaiknya Anda menghindari penggunaan air terlalu panas.

Bila Anda perlu menggunakan air panas, cepat bilas wajah dengan air dingin setelahnya untuk mengurangi panas menempel di wajah terlalu lama.

Gunakan pembersih wajah yang ringan

Sabun untuk badan terlalu keras untuk kulit wajah Anda, sehingga Anda harus mencari pembersih khusus untuk wajah.

Kebanyakan sabun mengandung sodium lauril sulfat yang dapat mengikis kelembaban kulit. Cari pembersih wajah yang bebas deterjen, bebas busa, bebas  wewangian, bebas alkohol.

Gunakan pembersih yang mengandung ceramide, yaitu sejenis molekul lemak yang biasa ditemukan pada lapisan luar kulit Anda. Ceramide sintetis bisa membantu kulit Anda mempertahankan kelembaban.

Keringkan kulit dengan cara menepuknya dengan lembut.

Jangan menggosokkan handuk ke kulit wajah, karena ini akan mengiritasi kulit. Tepuk wajah Anda dengan handuk yang lembut selama 20 detik atau sampai masih sedikit lembab.

Gunakan handuk lembut dan terbuat dari serat yang benar-benar bisa menyerap air

Oleskan pelembab setelah mencuci wajah.

Oleskan pelembab wajah dengan losion atau krim pada wajah yang masih sedikit lembab karena air. Cara ini yang menjaga kelembaban pada kulit untuk jangka waktu yang lebih lama.

Gunakan pelembab yang mengandung shea butter, ceramide, asam stearat, atau gliserin. Usahakan untuk membaca bahan yang terkandung dalam kemasan produk. Bahan-bahan ini berfungsi sebagai lapisan pelindung luar kulit dan  bertanggung jawab menjaga kelembaban tetap tertahan di dalamnya.

Selain itu gunakan pelembab yang mengandung SPF minimal 30.

Kerusakan akibat sinar matahari adalah salah satu penyebab utama di balik masalah kulit yang paling sering terjadi, termasuk kulit kering di wajah Anda.

Susu

Bersihkan kulit Anda dengan menggunakan susu. Susu mengandung asam laktat yang dapat membersihkan kulit dengan lembut. Zat ini membantu mengurangi kemerahan dan menghilangkan kulit mati.

Kandungan lemak dalam susu bisa memberikan kelembaban kulit tambahan, sehingga membuat kulit wajah terlihat terhidrasi kembali, segar dan lembut. Gunakan susu dengan kandungan lemak minimal 2 persen.

Cara:

  • Rendam kain atau kapas yang lembut, peras,kemudian letakkan kain tersebut di wajah dan biarkan selama 10 menit.
  • Gunakan 2-3 kali dalam seminggu.
  • Namun susu tidak bisa menghilangkan make-up, jadi Anda harus menghapus make-up Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan susu.

Gunakan krim hidrokortison

Untuk kulit kering, sebaiknya Anda juga memperhatikan bagian kelopak mata. Kelopak mata cenderung mudah mengering karena kulit di daerah kelopak mata biasanya tipis. Apabila bagian kelopak mata Anda terlalu kering dan gatal, Anda dapat mengoleskan tipis-tipis krim hidrokortison dengan hati-hati di atas kelopak mata untuk mengurangi rasa gatal dan menghidrasinya kembali. Sebaiknya Anda hanya melakukan seminggu sekali.

Jadi tidak sulit kan untuk merawat kulit kering. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, jadikan cara diatas sebagai rutinitas baru Anda. Selamat mencoba.