Periksa Keadaan Kesehatan Anda Melalui Kaki

116

1.  Kaki Terasa Dingin
Jika jari kaki anda selalu terasa dingin, maka hal ini mungkin disebabkan oleh buruknya aliran darah yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi, yang kadang berhubungan dengan kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung.
Kerusakan pada saraf akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes juga dapat membuat jari kaki anda terasa dingin. Penyebab lainnya adalah hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif) dan anemia.

2.  Nyeri Pada Kaki
Nyeri pada kaki yang bukan disebabkan oleh pemakaian sepatu atau penggunaan hak tinggi dapat disebabkan oleh patah tulang akibat tekanan, yang menyebabkan keretakkan kecil pada tulang anda. Beberapa hal yang dapat menyebabkan patah tulang ini adalah olahraga berat, terutama olahraga yang banyak menimbulkan tekanan pada kaki anda seperti bermain basket atau berlaru jarak jauh. Berkurangnya kepadatan tulang akibat osteoporosis dapat meningkatkan resiko patah tulang.

3.  Ibu Jari Kaki Berwarna Merah, Putih, atau Biru
Penyakit Raynaud dapat menyebabkan ibu jari kaki anda berubah warna, dari putih, biru, dan kemudian merah kembali, lalu kembali pada warna normalnya. Penyebab penyakit ini adalah adanya penyempitan mendadak pada pembuluh darah arteri (vasospasme).
Stress atau perubahan suhu dapat memicu terjadinya vasospasme, yang biasanya tidak menimbulkan gangguan kesehatan lain. Penyakit Raynaud juga mungkin berhubunan dengan rematik sendi, penyakit Sjogren, atau gangguan kelenjar tiroid.

4.  Nyeri Pada Tumit
Penyebab paling sering nyeri pada tumit adalah fasciitis plantar, yaitu peradangan pada ligamen yang menempel pada tulang tumit. Anda mungkin dapat mengalami nyeri tajam saat bangun tidur dan menjejakkan kaki anda ke lantai.
Beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan nyeri pada tumib adalah artritis (radang sendi), olahraga berlebihan, tendonitis (radang tendon/urat) dan ukuran sepatu yang tidak sesuai. Penyebab lainnya yang lebih jarang adalah adanya pertumbuhan tulang baru pada dasar tumit, infeksi tulang, tumor, atau patah tulang.

5.  Menyeret Kaki
Kadangkala, tanda pertama adanya gangguan pada kesehatan anda adalah perubahan cara berjalan anda, seperti perubahan postur atau menyeret kaki. Hal ini mungkin disebabkan oleh berkurangnya sensasi pada kaki yang berlangsung secara perlahan akibat kerusakan saraf tepi. Sekitar 30% keadaan ini berhubungan dengan diabetes.
Kerusakan saraf juga dapat disebabkan oleh infeksi, kekurangan vitamin, dan alkoholisme. Pada banyak kasus lainnya, penyebab kerusakan saraf tidak diketahui.

6.  Perubahan Bentuk Ibu Jari Kaki (Clubbing Toes)
Penyebab paling sering dari perubahan bentuk ibu jari kaki adalah adanya penyakit paru-paru. Penyebab lainnya adalah penyakit jantung, gangguan hati, gangguan pencernaan, atau infeksi tertentu. Bagian atas kuku terlihat lebih membulat dan bagian bawah kuku tampak melengkung. Kadangkala perubahan bentuk ibu jari kaki ini dapat diturunkan dalam keluarga tanpa adanya gangguan kesehatan apapun.

7.  Pembengkakan Pada Kaki
Pembengkakan pada kaki dapat berlangsung sementara akibat berdiri terlalu lama atau berada di dalam pesawat dalam waktu yang lama, terutama bila anda sedang hamil.
Akan tetapi, pembengkakan kaki yang menetap dan berlangsung lama dapat merupakan tanda adanya gangguan kesehatan. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah, gangguan sistem limfe, atau adanya bekuan darah.
Gangguan ginjal atau tiroid yang kurang aktif (hipotiroid) juga dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki anda. Segera hubungi dokter anda bila pembengkakan di kaki anda menetap atau berlangsung lama.

8.  Kaki Terasa Seperti Terbakar
Rasa seperti terbakar pada kaki seringkali terjadi penderita diabetes yang mengalami kerusakan saraf tepi. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B, infeksi jamur pada kaki, penyakit ginjal kronik, gangguan sirkulasi pada kaki (gangguan pembuluh darah tepi), atau hipotiroidisme.

9.  Luka yang Sulit Sembuh
Adanya luka pada kaki yang sulit sembuh merupakan tanda peringatan adanya diabetes. Diabetes dapat menyebabkan gangguan sensasi pada kaki, gangguan sirkulasi, gangguan penyembuhan luka yang normal sehingga luka sekecil apapun dapat menjadi masalah besar. Luka ini pun mudah mengalami infeksi.
Penderita diabetes harus mencuci dan mengeringkan kakinya dengan benar dan memeriksa kakinya setiap hari untuk melihat adanya luka. Lamanya penyembuhan luka pada kaki ini juga dapat disebabkanoleh gangguan sirkulasi akbiat penyakit pembuluh darah tepi.

10.  Nyeri Pada Ibu Jari Kaki
Gout merupakan penyebab utama nyeri mendadak pada ibu jari kaki, yang seringkali diikuti dengan pembengkakan dan kemerahan pada kulit ibu jari kaki. Gout merupakan suatu keadaan akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah sehingga terjadi penumpukkan kristal asam urat di dalam sendi.
Osteoartritis (radang sendi) merupakan penyebab lain timbulnya nyeri dan pembengkakan pada ibu jari kaki. Jika sendi terasa kaku, maka hal ini mungkin disebabkan oleh terbentuknya tulang baru akibat radang sendi.

11.  Nyeri Pada Jari Kaki
Jika anda merasa seperti menginjak kelereng atau merasa nyeri seperti terbakar pada kaki yang kemudian menjalar pada jari kaki anda, maka anda mungkin mengalami neuroma Morton, yaitu suatu penebalan jaringan di sekitar saraf, yang biasanya terjadi di antara jari kaki ketiga dan keempat. Keadaan ini 8-10 kali lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Keadaan ini disebabkan oleh cedera atau terlalu banyak tekanan pada jari kaki anda.

12.  Kaki Terasa Gatal
Rasa gatal dan kulit bersisik pada kaki anda dapat merupakan tanda adanya infeksi jamur pada kaki anda, yang sering mengenai pria berusia antara 20-40 tahun.
Selain itu, suatu reaksi alergi akibat kulit anda berkontak dengan zat tertentu (dermatitis kontak) juga dapat menyebabkan rasa gatal, kulit kemerahan, dan kering.
Bila kulit kaki anda terasa gatal, tebal, dan terlihat seperti jerawat, maka hal ini mungkin disebabkan oleh psoriasis, yaitu suatu reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh anda.

13.  Jari Kaki Seperti Cakar
Perubahan bentuk jari kaki anda dapat disebabkan oleh sepatu yang terlalu sempit sehingga menekan jari kaki anda atau akibat kerusakan saraf, seperti pada diabetes, alkoholisme, atau gangguan neurologis lainnya.
Pangkal jari kaki anda akan tertekuk ke atas, sementara bagian tengah persendian jari kaki anda akan tertekuk ke bawah sehingga jari tampak menyerupai cakar. Peragangan dan olahraga tertentu dapat membantu mengatasi keadaan ini atau anda mungkin memerlukan sepatu khusus atau bahkan tindakan pembedahan.

14.  Spasme Otot Kaki
Nyeri tajam dan mendadak pada kaki anda merupakan ciri khusus spasme otot atau kram otot, yang dapat berlangsung selama beberapa menit. Berolahraga berlebihan dan kelelahan otot merupakan dua penyebab tersering.
Penyebab lain dari spasme otot ini adalah buruknya sirkulasi darah, dehidrasi, gangguan keseimbangan kalium, magnesium, kalsium, atau vitamin D di dalam tubuh anda, perubahan kadar hormon selama kehamilan, atau gangguan tiroid. Kelelahan otot dapat diatasi dengan peregangan. Bila spasme ini sering terjadi atau berat segera hubungi dokter anda.

15.  Bintik Hitam Pada Kaki
Walaupun kanker kulit lebih sering terjadi pada bagian kulit yang sering terpapar oleh sinar matahari, bukan berarti kanker ini tidak dapat terjadi pada kaki anda. Melanoma, suatu kanker kulit yang sangat berbahaya dapat terjadi pada daerah yang jarang terpapar oleh sinar matahari. Melanoma bahkan dapat terjadi di bagian bawah kuku anda, yang mungkin terlihat seperti bintik hitam.

16.  Kuku Kaki Berwarna Kuning
Kuku kaki anda dapat menggambarkan keadaan kesehatan anda. Infeksi jamur seringkali menyebabkan kuku kaki menjadi tebal dan berwarna kuning. Kuku kaki yang berwarna kuning juga dapat disebabkan oleh penyakit lainnya seperti limfedema (pembengkakan akibat gangguan aliran limfe), gangguan paru-paru, atau rematik sendi.

17.  Kuku Kaki Berbentuk Seperti Sendok
Cedera pada kuku atau sering terpapar oleh bensin atau cairan lainnya yang berbahan dasar bensin atau kekurangan zat besi dapat menyebabkan kuku melengkung dan berbentuk seperti sendok.

18.  Kuku Kaki Berwarna Putih
Cedera pada kuku atau adanya penyakit di dalam tubuh anda dapat menyebabkan terbentuknya suatu area putih pada kuku anda. Jika ada bagian kuku anda yang terlepas dari bantalan kuku, maka hal ini dapat disebabkan oleh cedera, infeksi kuku, atau psoriasis.
Jika kuku tetap melekat pada tempatnya dan hampir seluruh bagian kuku berwarna putih, maka hal ini kadang merupakan salah satu tanda adanya gangguan kesehatan berat seperti penyakit hati, gagal jantung kongestif, atau diabetes. Segera hubungi dokter anda untuk memperoleh pemeriksaan lebih lanjut.

19.  Lekukan Pada Kuku Kaki
Lekukan atau lubang pada permukaan kuku dapat disebabkan akibat adanya gangguan pertumbuhan kuku pada piring kuku. Keadaan ini dapat mengenai sebagian penderita psoriasis.

Sumber: webmd