Perkembangan Bayi Anda Pada 10 Bulan Pertama

106

Pergerakan Motorik
Bayi anda telah dapat merangkak dengan sukses sekarang. Tidak semua bayi melalui proses merangkak sebelum dapat berjalan. Beberapa bayi dapat melewati proses ini dan langsung dapat berjalan dari duduk.
Meskipun ada beberapa bayi yang belum dapat merangkak dengan benar saat ini, beberapa bayi lainnya mungkin telah mulai belajar berdiri dan berjalan beberapa langkah dengan goyah.

Bayi anda akan tetap berusaha untuk memasukkan semua benda yang dapat ditemuinya ke dalam mulutnya, jadi pastikan agar anda tidak meletakkan benda-benda kecil sembarangan karena dapat membuat bayi anda tersedak dan kesulitan bernapas. Letakkanlah benda-benda tersebut di luar jangkauan bayi anda.

Kemampuan Berbicara
Ocehan bayi anda mungkin akan menjadi lebih kompleks dan mulai terdengar seperti kalimat sungguhan, walaupun mungkin bahasa yang dapat dimengerti oleh orang dewasa. Anda mungkin akan mendengar bayi anda berbicara dalam bahasanya sendiri yang sama sekali tidak dapat anda mengerti.

Kemampuan Bersosialisasi dan Emosinya
Bayi anda tetap akan sulit untuk berpisah dari anda dan masih rewel saat bertemu dengan wajah-wajah asing tanpa anda di dekatnya. Hal ini merupakan salah satu proses penting dalam perkembangan bayi anda. Saat ini bayi anda sedang mempelajari dunia di sekitarnya dan sedang membangun berbagai ikatan emosional dengan orang-orang di sekitarnya.

Kemampuan Berpikir
Pemikiran bayi anda terus berkembang. Saat ini bayi anda telah mengetahui bahwa bila suatu benda tidak lagi terlihat olehnya bukan berarti benda itu menghilang.
Bayi anda pun sedang mempelajari penyebab terjadinya berbagai hal di sekitarnya. Saat ini bayi anda mungkin sudah mengetahui bahwa dengan menekan suatu tombol maka ruangan akan menjadi terang dan sebaliknya atau bahwa mainannya akan bergerak bila ia menekan sebuah tombol dan sebaliknya. Saat ini bayi anda sedang melalui masa paling menyenangkan baginya. Kecerdasannya pun sedang berkembang pesat saat ini.

Watak Bayi Anda
Saat ini bayi anda akan mulai menunjukkan watak atau tabiatnya pada anda. Perhatikanlah apakah bayi anda menunjukkan beberapa hal di bawah ini, yaitu:
•    Bersemangat dan terburu-buru dalam melakukan segala sesuatu atau bersikap tenang dan santai
•    Memiliki waktu makan dan tidur yang sama dan teratur atau terus berbeda dan tidak teratur setiap harinya
•    Aktif melakukan berbagai kegiatan fisik atau pasif
•    Mudah bersosialisasi atau memerlukan waktu untuk dekat dengan orang lain
•    Perhatiannya mudah teralihkan atau justru sangat fokus dan persisten
•    Ceroboh atau berhati-hati atau sering berusaha mencari perhatian
•    Mudah beradaptasi dengan perubahan rutinitasnya atau sulit beradaptasi
•    Sangat sensitif terhadap suara dan sentuhan atau mudah tidur pada lingkungan apapun
Anda mungkin masih mengalami kesulitan untuk melihat seluruh hal-hal di atas, akan tetapi semua hal ini akan menjadi lebih jelas pada satu tahun mendatang.

Watak dan Perilaku
Watak merupakan pembentuk perilaku anak anda, bagaimana ia akan bereaksi terhadap dunia. Jika anda memiliki dua anak atau lebih, anda mungkin sudah mulai menyadari perbedaan watak kedua anak anda tersebut.

Tips Membesarkan Anak Dengan Watak Sulit
Anak dengan watak sulit memang lebih sulit dihadapi dan dapat memberikan tantangan yang cukup besar bagi anda saat membesarkan dan mendidiknya, akan tetapi bukan berarti ada yang salah dengan anak anda. Anda hanya memerlukan usaha lebih untuk membesarkan anak anda.
Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghadapi anak anda adalah:
•    Anda harus mengerti bahwa hal ini bukan kesalahan siapa pun
•    Hargailah anak anda, terimalah dirinya apa adanya, bukannya justru berusaha mengubahnya menjadi seperti yang anda inginkan
•    Pastikan bahwa anak anda tidak merasa diremehkan atau dianggap tidak ada atau lebih rendah karena perilaku dan wataknya
•    Carilah cara untuk memodifikasi watak yang sulit tersebut secara perlahan dan bukannya berusaha mengubah anak anda seluruhnya