Perkembangan Bayi Anda Pada 3 Bulan Pertama

160

Bayi anda telah bertambah besar sekarang. Saat ini bayi anda mungkin telah lebih dapat menyesuaikan dirinya dengan waktu siang dan malam hari, sehingga anda dapat tidur lebih nyenyak.

 

Keterampilan Motorik

Refleks bawaan saat lahir seperti refleks menggerakkan kaki dan tangannya saat terkejut sudah mulai berkurang. Otot leher bayi anda pun telah menguat, sehingga bayi anda telah dapat mengangkat kepalanya saat duduk.

Bayi berusia 3 bulan biasanya sudah memiliki tubuh bagian atas yang cukup kuat sehingga mereka dapat menopang kepala dan dadanya dengan tangannya saat berbaring tengkurap. Selain itu, kekuatan tubuh bagian bawah juga sudah cukup kuat sehingga dapat membuat kaki memanjangkan kakinya dan menendang saat berbaring tengkurap.

Pada saat ini, koordinasi antara mata dan tangan bayi anda telah mulai berkembang sehingga anda dapat melihat bahwa bayi anda dapat membuka dan menutup tangannya, memukul mainan berwarna cerah, memegang mainannya, dan memasukkan benda ke dalam mulutnya.

 

Tidur

Sistem saraf bayi anda masih terus berkembang dan lambungnya telah dapat menampung lebih banyak susu. Hal ini membuat bayi anda dapat tidur lebih lama yaitu hingga 6 atau 7 jam setiap kalinya sehingga anda pun dapat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Bila bayi anda terbangun dan menangis di malam hari, tunggulah selama sekitar 30 detik sebelum memberikan susu padanya. Kadangkala, bayi akan menangis selama beberapa detik dan tertidur kembali dengan demikian bayi anda dapat belajar cara untuk tertidur kembali dengan sendirinya.

Jika bayi anda terus menangis, maka hal ini berarti anda memang harus mendatangi bayi anda dan memeriksa apa yang menyebabkannya menangis. Waktu tidur siang bayi anda pun telah lebih teratur sekarang ini. Biasanya bayi usia 3 bulan akan tidur siang selama 1½-2 jam setiap harinya.

 

Panca Indra

Pendengaran dan penglihatan bayi anda semakin membaik. Bayi anda dapat tersenyum dan memutar kepalanya saat mendengar suara orang tuanya. Selain itu, bayi juga suka mendengar berbagai jenis musik.

Bayi anda tetap akan lebih menyukai benda berwarna terang karena benda-benda ini lebih mudah dilihat. Wajah manusia merupakan hal yang menarik bagi bayi anda sekarang ini, lihatlah pada bayi anda dan ia pasti akan memandang balik pada anda.

 

Komunikasi

Bayi anda akan lebih banyak bereaksi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, bayi anda juga telah lebih dapat berinteraksi dengan orang lain dan tersenyum saat merasa senang.

Menangis bukan lagi satu-satunya cara bayi anda berkomunikasi. Tangisan bayi anda biasanya telah berkurang hingga kurang dari 1 jam sehari. Jika bayi anda masih sering menangis, segera hubungi dokter anda untuk memeriksa adanya kemungkinan gangguan kesehatan lainnya.

Selain menangis, bayi anda akan mulai berkomunikasi dengan membuat suara-suara seperti “oh” atau “ah”. Berbicaralah dengan bayi anda dan bereaksilah setiap kali ia bersuara. Dengan mendengar anda berbicara saat mengganti popoknya atau saat menyusuinya, bayi anda akan mulai membentuk suaranya sendiri dan membuat gerakan-gerakan tertentu.

 

Bagaimana Bila Perkembangan Bayi Saya Berbeda

Setiap bayi memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Jangan terlalu khawatir bila bayi anda memiliki sedikit perbedaan dengan bayi lainnya, terutama bila bayi anda terlahir prematur. Akan tetapi, bila terdapat beberapa hal di bawah ini jangan ragu untuk segera menghubungi dokter anda, yaitu:

  • Tidak berespon terhadap suara
  • Tidak mengikuti pergerakan orang lain atau benda dengan matanya
  • Tidak tersenyum
  • Tidak berusaha menggapai suatu benda di dekatnya

 

Tips Merawat Bayi Berusia 3 Bulan

Jangan berikan makanan padat pada bayi anda setidaknya hingga bayi anda berusia 4-6 bulan.

 

Sumber: webmd