Perkuat Sistem Imun Dengan Konsumsi Makanan Ajaib

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

127

Setiap manusia memiliki sistem imun, yang merupakan pertahanan pertama untuk melawan berbagai kuman berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, jika Anda tidak ingin sakit, salah satu cara yang harus dilakukan adalah memperkuat sistem imun tubuh. untuk memperkuat sistim imun, Anda dapat mengonsumsi makanan dibawah ini secara rutin.

  1. Bawang putih

Bawang putih juga mengandung antioksidan, fosfor, potasium, seng, dan kalsium yang memiliki khasiat anti bakteri dan anti virus yang baik bagi tubuh. Hal ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. selain itu, bawang putih juga dapat membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam darah Anda.

  1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang memilki kadar vitamin c yang tinggi membuat buah ini dianggap sebagai makanan penjaga sistem kekebalan tubuh terbaik. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit lainnya. Selain itu, jeruk mengandung serat, kalium, magnesium, dan kalsium. Hal tersebut merupakan nutrisi penting guna memperkuat tulang, otot, dan membantu mengelola sistem saraf. Oleh sebab itu, Anda dapat mengonsumsi buah ini agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik.

  1. Bayam

Sayur bayam juga mengandung vitamin C yang tinggi yang baik untuk kekebalan tubuh. selain itu, bayam juga memiliki asam folat yang berguna untuk memperbaiki sel yang rusak. Sayur bayam juga mengandung kalium dan magnesium yang berfungsi sebagai elektrolit yang menjaga kestabilan mineral tubuh.

  1. Madu

Selain memiliki rasa yang nikmat, madu telah dikenal dapat menjadi “penyembuh” berbagai macam penyakit sejak dahulu kala. Hal ini disebabkan oleh kandungan Madu yaitu antioksidan yang dapat membantu meredakan batuk, menjaga agar tenggorokan tidak kering, dan menyingkirkan dahak. Selain itu, madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan tentunya menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-peradangan dan tinggi antioksidan. Selain itu, rasa hangat dari jahet juga sering digunakan untuk memberikan efek nyaman setelah mengonsumsinya. Tumbuhan herbal yang satu ini juga terbukti memiliki senyawa penunjang sistem imun seperti beta-karoten dan capsaicin. Sebuah kajian terbaru dari 60 penelitian menemukan bahwa jahe memiliki efek menguntungkan untuk mengobati penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Itulah makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Anda dapat menambahkan bahan makanan di atas untuk menyajikan makanan yang sehat dan baik untuk sistem imun Anda. Anda juga dapat mengonsumsi secara langsung beberapa makanan di atas sebagai suplemen atau camilan. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

  1. https://klikdokter.com/info-sehat/read/3592004/5-makanan-untuk-tingkatkan-sistem-imun-tubuh
  2. https://liputan6.com/health/read/3230511/mau-sistem-kekebalan-tubuh-kuat-harus-santap-9-makanan-ini

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store