PERLUKAH DIPIJAT UNTUK KAKI KESELEO?

12

Kaki keselo sering terjadi pada atlet. Namun orang lain juga dapat mengalaminya terlebih wanita yang mengenakkan sepatu hak tinggi. Keseleo terjadi ketika kaki berputar ke arah dalam di bawah beban tubuh dan menyebabkan rasa sakit tiba-tiba. Gejala dari kaki keseleo ini biasanya sudah diketahui oleh penderita kalau dia mengalami keseleo. Nyeri yang dirasakan terjadi di seluruh sendi khususnya di bagian luar pergelangan kaki. Saat terjadi keseleo, ligamen mengalami kerusakan. Terkadang bisa terjadi pembengkakan dalam waktu 48 jam. Memar juga bisa muncul pada beberapa kasus. Taukah anda bahwa kaki kesleo juga memiliki tingkat keparahan? Berikut penjelasannya:

  • Tingkat 1

Pada grade ini terjadi cedera ringan dengan rasa sakit yang minimal bahkan tidak terasa sama sekali serta tidak ada pembengkakan. Pergelangan kaki mungkin terasa kaku dan kesulitan berjalan, ligamen tidak sepenuhnya robek. Waktu untuk pulih biasanya relatif cepat yaitu 2 hingga 4 minggu.

  • Tingkat 2

Pada tingkat ini menyebabkan nyeri sedang hingga berat. Akan terjadi kesulitan untuk berjalan bahkan berlari. Memar kecil dan bengkak dapat terjadi baik saat itu juga atau 48 jam setelah trauma. Waktu pemulihan biasanya 4 hingga 8 minggu.

  • Tingkat 3

Pada tingkat ini, ligamen robek secara total. Terasa nyeri yang parah dan pergelangan kaki terasa lemah. Bengak dan memar akan terjadi dalam waktu 48 jam setelah trauma. Jika tingkatan ini terjadi, segera carilah pertolongan medis karena perlu dilakukan x-ray untuk menyingkirkan kemungkingan patah tulang atau fraktur. Waktu untuk pulih bisa mencapai 3 bulan.

Di Indonesia sudah menjadi hal biasa ketika seeorang yang mengalami keseleo disembuhkan dengan perawatan tukang pijat. Tidak semua keseleo dapat diatasi oleh tukang pijat dan tidak semua tukang pijat paham dengan anatomis tubuh manusia. Jika terjadi kaki keseleo, hal yang dapat dilakukan sendiri di rumah adalah RICE yaitu:

  • Rest

Penting untuk mengistirahatkan pergelangan kaki agar dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

  • Ice

Aplikasikan es yang dibungkus dengan handuk pada lokasi kaki keseleo. Terapi dingin dapat diterapkan selama 10 menit setiap jam pada fase akut. Es yang dibungkus atau ditekankan pada kaki keseleo akan mengurangi rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan

  • Compression

Memberikan penyangga dapat membantu melindungi ligamen.

  • Elevate

Untuk mengurangai pembengkakan juga dapat meninggikan posisi kaki.

Walau beberapa teknik pijatan dapat diaplikasikan pada kaki terkilir untuk membantu mempercepat penyembuhan dan mencegah pembentukan jaringan parut, namun direkomendasikan untuk dilakukan oleh terapis yang memang sudah terlatih. Pijat ini dilakukan selama fase akut setelah sekitar lima hari sejak terkilir. Langkahnya yaitu:

  1. Pastikan tidak ada patah tulang, luka terbuka atau infeksi.
  2. Duduklah dengan posisi tenang
  3. Berikan tekanan langsung dan dalam pada ligamen menggunakan satu jari. Mulai pijatan pada titik yang sedikit jauh dari area terkilir, lakukan secara bertahap. Lanjutkan pijatan selama lima hingga sepuluh menit.
  4. Rekatkan pergelangan kaki kanan dan kiri.
  5. Ulangi setiap harinya (ITA)

Sumber:

Susy. 2013. Sprained Ankles and Massage Therapy. https://collegeofmassage.com/toronto/2013/08/sprained-ankles-and-massage-therapy/. 12 Desember 2019.

Walden, M. 2018. Sprained Ankle.https://www.sportsinjuryclinic.net/sport-injuries/ankle-pain/acute-ankle-injuries/sprained-ankle. 12  Desember 2019.