PERLUKAH MENGONSUMSI SUSU HAMIL?

66

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat gizi dibandingkan wanita yang tidak hamil karena selain menyuplai nutrisi untuk tubuhnya sendiri, makanan yang dikonsumsi oleh ibu juga berguna menyuplai kebutuhan bagi pertumbuhan janin. Susu hamil merupakan salah satu makanan tambahan untuk ibu hamil, tetapi tidak semua ibu hamil mengonsumsinya. Lantas, perlukah mengonsumsi susu hamil? Apa saja yang terkandung di dalamnya sehingga baik untuk dikonsumsi?

Protein

Janin yang sedang bertumbuh membutuhkan protein untuk membangun sel-sel tubuhnya. Protein tersebut diperoleh dari makanan yang dimakan oleh ibu. Janin tumbuh dengan cepat selama trimester kedua dan ketiga, karena itu kadar protein dalam masa ini menjadi lebih penting dibandingkan masa awal kehamilan. Beberapa penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa kurangnya konsumsi protein selama kehamilan mengakibatkan keterlambatan pertumbuhan, disebabkan karena berkurangnya pasokan nutrisi ke janin.

Kalsium

Susu merupakan makanan yang ideal untuk nutrisi ibu hamil dan janinnya, karena selain mengandung banyak protein, beberapa mineral dan vitamin juga terkandung dalam susu. Salah satu mineral yang banyak terkandung dalam susu adalah kalsium. Ibu hamil membutuhkan sekitar 1000-1300 mg kalsium tiap harinya untuk nutrisi bagi tubuhnya dan kebutuhan pertumbuhan janin. United States Department of Agriculture merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi susu minimal 3 gelas per hari baik pada trimester 1, maupun trimester 2 dan 3.

Vitamin D

Kandungan susu lainnya adalah vitamin D. Vitamin D sebagian besar dibuat di kulit dengan bantuan sinar matahari, tetapi sejumlah kecil dapat berasal dari makanan. Vitamin D penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Resiko kekurangan vitamin D meningkat pada orang yang memiliki kulit yang lebih gelap, menutupi sebagian besar tubuhnya dengan pakaian, dan menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan. Vitamin D membantu tubuh menyerap dan menggunakan kalsium. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelemahan tulang dan nyeri otot pada ibu hamil dan dalam tingkat yang lebih besar, dapat menyebabkan kelainan tulang (disebut riketsia) pada janin yang dikandung.

Vitamin B12

Vitamin B12 dibutuhkan untuk perkembangan sel darah, saraf dan otak bayi. Kehamilan dan menyusui dapat dengan cepat menghabiskan simpanan vitamin B12 dalam tubuh. Vitamin ini secara alami hanya ada dalam makanan yang berasal dari hewan, terutama susu dan telur. Beberapa susu hamil juga sudah difortifikasi dengan vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan bagi ibu dan janin pada masa kehamilan.

Mengonsumsi susu hamil memang tidak diwajibkan karena kandungan zat gizi dalam susu hamil juga dapat diperoleh dengan konsumsi makanan bergizi lainnya. Dalam hal ini susu hamil berfungsi seperti suplemen untuk ibu hamil, akan lebih baik jika dikonsumsi untuk menjamin kebutuhan zat gizi terpenuhi. Tetapi konsumsi susu hamil disarankan untuk tidak berlebihan agar tidak terjadi peningkatan BMI berlebihan, dan disarankan untuk tidak mengonsumsinya jika susu hamil justru meninggalkan efek samping seperti mual muntah. Karena itu ibu hamil diwajibkan untuk memeriksakan kehamilan secara rutin ke tenaga kesehatan untuk mengontrol keadaan ibu dan perkembangan janin. Ibu hamil juga dapat mendiskusikan mengenai konsumsi makanan yang dibutuhkan pada tenaga kesehatan. (BEL)

Sumber:

  1. Borazjani, F., Angali, KA., & Kulkarni, SS. 2013. Milk and protein intake by pregnant women affects growth of foetus. Journal of health, population, and nutrition31(4), 435-45. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3905637/
  2. The Royal Women’s Hospital. Food & Nutrition in Pregnancy. Available at: https://www.thewomens.org.au/health-information/pregnancy-and-birth/a-healthy-pregnancy/food-nutrition-in-pregnancy
  3. Department of Health & Human Services State Government of Victoria. Pregnancy and Diet. Available at: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-and-diet
  4. United States Department of Agriculture. 2016. Tips for Pregnant Moms. Available at: https://wicworks.fns.usda.gov/wicworks/Topics/PregnancyFactSheet.pdf