PERLUKAH ORANG DEWASA MENGONSUMSI SUSU?

5

Untuk mendukung pertumbuhannya, bayi diberikan susu sejak lahir. Rutinitas mengonsumsi susu ini terkadang berlanjut sampai dengan balita, remaja, hingga terkadang sampai dewasa. Untuk orang dewasa, susu sering dikonsumsi dengan alasan pemenuhan nutrisi. Sebagian menyebut bahwa susu merupakan minuman yang wajib dikonsumsi. Tetapi apakah susu benar-benar dibutuhkan dan cocok untuk orang dewasa?

Dari berbagai studi, didapatkan hasil bahwa tidak ada aspek kesehatan yang bertambah dari mengkonsumsi susu. Dikarenakan porsi diet orang dewasa sudah sangat bervarisi dan pemenuhan makro serta micronutrient sudah tercukupi dari makanan sehari hari.

Selain itu, tidak semua orang dewasa bisa mencerna susu dengan baik, terutama warga di belahan bumi Asia, termasuk Indonesia. Kenapa seperti itu? Untuk mencerna susu di usus dibutuhkan enzim lactase dalam jumlah yang banyak. Dalam mempersiapakan enzim lactase dalam usus dibutuhkan kode genetik yang berevolusi selama bertahun-tahun. Seperti kita ketahui bersama budaya minum susu merupakan budaya bangsa Eropa yang dibawa ke Asia oleh para penjajah dulu. Makanya tidak heran hampir sebagian besar bangsa Asia tidak bisa mencerna susu dengan baik karena kekurangan enzim lacatase dalam tubuhnya. Kondisi inilah yang kita sebut dengan intoleransi laktosa.

Gejala intoleransi laktosa yang sering muncul termasuk, sakit perut, kram dan nyeri, kembung, mual, hingga muntah. Terkadang kondisi ini juga menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Gejala dari intoleransi laktosa ini biasanya muncul beberapa jam setelah mengonsumsi produk makanan atau minuman yang memiliki kandungan laktosa. Yang menjadi masalah adalah, kemunculan dari gejala intoleransi laktosa ini bisa membuat badan terasa tidak nyaman dan akhirnya membuat kita kesulitan untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Lantas, apakah hal ini berarti penderita masalah kesehatan ini tak lagi bisa mengonsumsi susu? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa demi mencegah datangnya gejala intoleransi laktosa, ada baiknya memang penderitanya menghindari konsumsi susu, baik itu susu kambing ataupun susu sapi, produk olahannya seperti keju, es krim, hingga yoghurt, hingga makanan yang memiliki kandungan laktosa seperti kue, cokelat, permen, biskuit, dan makanan lainnya.

Demi mendapatkan nutrisi sehat yang ada di dalam susu, penderita intoleransi laktosa bisa mengonsumsi susu dari produk lain seperti dari susu kedelai. Selain itu, mereka juga bisa mengonsumsi suplemen laktase yang bisa membantu proses pengolahan laktosa di dalam perut saat kita mengonsumsi susu. Hanya saja, suplemen ini tidak boleh dikonsumsi dengan sembarangan dan harus didapatkan sesuai dengan saran dokter terlebih dahulu.

Demi mencukupi kebutuhan kalsium harian, penderita intoleransi laktosa sebaiknya memperbanyak asupan ikan laut seperti ikan sarden, salmon, dan makarel, kacang-kacangan seperti kedelai, dan sayuran hijau seperti bayam, kubis, dan brokoli. Dengan mengonsumsi berbagai macam makanan ini, kebutuhan kalsium bisa tetap tercukupi meski jarang atau tak lagi minum susu. (BR)

Source :

https://tirto.id/apakah-orang-dewasa-perlu-minum-susu-dcFJ