Perlukah pria melakukan perawatan wajah?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

83

Kata perawatan terutama wajah erat kaitannya dengan sosok perempuan. Bagaimana dengan pria? Saat ini masih banyak pria yang cuek terhadap wajahnya. Sesungguhnya, perawatan bukan hanya untuk kaum wanita. Pria yang cenderung mengabaikan wajahnya juga memerlukan perawatan meski tidak sebanyak wanita.

Apa saja yang menjadi alasan pentingnya pria juga merawat wajahnya?

  • Pria menghasilkan lebih banyak minyak

Menuruk Dr Josua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis bidang dermatologi di RS Sinai, secara umum pria memiliki kadar testosteron lebih tinggi dari wanita, hal ini yang menjelaskan mengapa pria menghasilkan lebih banyak minyak. Ketika wajah yang berminyak tidak dibersihkan dengan benar, minyak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo hingga jerawat.

  • Kulit lebih rawan iritasi

Pada laki-laki mencukur adalah hal yang biasa dilakukan setiap satu sampai dua minggu sekali. Mencukur secara terus menerus memiliki efek samping diantaranya iritasi, rasa terbakar di bekas cukuran, hingga munculnya jerawat, kata Dr. Zeinchner.

  • Menghindari Penuaan Dini

Masalah penuaan dini merupakan hal yang ditakuti oleh kebanyakan wanita. Walaupun pria lebih cuek dalam hal ini, memiliki wajah yang tapak lebih muda juga hal yang tak mungkin dipungkiri oleh semua pria.

Perawatan apa yang seharusnya dilakukan?

Berikut merupakan tips rekomendasi dari doker kulit:

  1. Pertimbangkan label dan bahan produk

Pilih produk perawatan berdasar jenis kulit. Jika Anda memiliki kulit rentan berjerawat, pilih produk yang bebas minyak atau bebas komedogenik. Jika kulit sensitif, gunakan produk yang tidan mengandung pewangi karena dapat membuat kulit menjadi kering namun tetap waspadai produk tidak beraroma karena dapat mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit.

  1. Cuci muka setiap hari dan setelah berolahraga

Sabun batangan biasa mengandung bahan kasar yang dapat mengeringkan kulit, hanya bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang ringan.

  1. Perhatikan teknik mencukur

Sebelum bercukur, basahi kulit dan rambut untuk melembutkannya. Gunakan krim cukur pelembab dan cukur ke arah pertumbuhan rambut. Bilas pada setiap gesekan pisau cukur, dan ubah pisau setelah lima hingga tujuh kali pencukuran untuk meminimalkan iritasi.

  1. Gunakan pelembab

Pelembab bekerja dengan memerangkap air di kulit sehingga dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan lebih muda. Untuk hasil terbaik, oleskan pelembab wajah segera setelah mandi atau bercukur.

  1. Pakai tabir surya

Untuk membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari yang menyababkan keriput, bintk-bintik, hingga kanker kulit.

  1. Periksa kulit secara teratur

Tahi lalat yang gatal, berubah warna, berdarah, dan ukurannya membesar merupakan tanda-tanda awal dari kanker kulit. Jika terdapat hal tersebut segeralah konsultasi dengan dokter. Pria diatas 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit.

Jika Anda tidak yakin perawatan apa yang cocok untuk kulit dan memiliki pertanyaan tenang cara merawat kulit, kunjungilah dokter terdekat. (ITA)

Sumber:

AAD. 2018. Skin Care Tips for Men. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/skin-care-for-men 20 November 2018

Inzalaco, S. 2014. 3 Good Reasons to Get a Facial. https://www.menshealth.com/style/a19522778/reasons-get-facial/ 20 November 2018

Skin.co.id, 2017. Kenapa Pria Perlu Melakukan Perwatan Wajah. http://skin.co.id/kenapa-pria-perlu-melakukan-perawatan-wajah/ 20 November 2018

UT Medical Center. 2013. The Importance of Moisturizing. https://www.utmedicalcenter.org/healthy-tips/103/the-importance-of-moisturizing/ 20 November 2018


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store