Perlukah Si Kecil Berolahraga?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

190

Olahraga sebaiknya diperkenalkan pada si kecil sejak dini, tujuannya bukan untuk mengejar prestasi namun untuk mengajarkannya untuk bergerak, mengenal olahraga, berinteraksi dengan orang lain serta merangsang gerak motoriknya.

Olahraga seperti apa yang cocok untuk si kecil?

Jenis olahraga yang sebaiknya dipilih adalah permainan yang melibatkan banyak anak agar terasa lebiih menyenangkan, misalnya sepak bola. Olaharaga apa lagi yang cocok untuk si kecil? Ayo kita simak artikel dibawah ini.

  1. Senam

Gerakan senam ringan yang diiringi dengan irama musik akan menjadi salah satu plihan olahraga yang menyenangkan untuk anak anda, ajaklah si kecil menyanyi sembari bergerak.

  1. Renang

Renang sangat baik untuk melatih kekuatan dan kesehatan fisik, namun si kecil biasanya takut tenggelam. Ajari si kecil di kolam renang yang dangkal terlebih dahulu, menggunakan pelampung. Kemudian perlahan lepaskanlah pelampung dan bimbinglah dengan tangan anda. Perlahan si kecil akan menyukai dan menjadi lihai.

  1. Sepak bola

Selain melatih kesehatan fisik, sepak bola melatih anak berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama, bersikap sportif dan bijaksana dalam menerima kemenangan maupun kekalahan. Gunakan bola khusus untuk anak agar tidak terlalu membebani kaki anak.

  1. Bersepeda

Dapat dimulai sejak dini dengan memperkenalkan sepeda roda tiga. Seiring bertambahnya usia, sepeda roda dua mulai boleh diperkenalkan. Halaman rumah atau lapangan terbuka dapat dihadikan pilihan tentunya dengan pengawasan penuh dari orang tua atau pengasuhnya.

  1. Jogging

Olahraga murah namun menyehatkan. Berlari-lari kecil dapat dilakukan di lapangan terbuka atau di halaman rumah. Kombinasikan lari dengan permainan agar lebihn menyenangkan.

  1. Basket

Sangat baik juga untuk anak, karena dalam olahraga basket ada gerakan lari, loncat dan unsur permainan. Gunakan sepatu dan baju khusus basket agar anak lebih nyaman.

  1. Bulu tangkis

Mulailah memperkenalkan anak dengan bulu tangkis mainan. Untuk anak yang lebih besar, bulu tangkis dapat menggunakan raket dan dilakukan di lapangan sebenarnya.

  1. Catur

Meskipun tidak banyak meggunakan aktivitas fisik, catur sangat baik untuk melatih kecepatan berpikir danmmengasah kecerdasan otak.

Ingatlah untuk selalu mendampingi si kecil ketika berolahraga, waktu berolahraga juga harus disesuaikan dengan kondisi fisik anak, jangan terlalu lama karenan akan menyebabkan si kecil kelelahan. Jadi tunggu apa lagi, yuk ajak si kecil berolahraga bersama! (EDA/CM)

Sumber :

Sutopo AS. Olahraga Untuk Si Buah Hati. Majalah Kesehatan Keluarga Dokter Kita. Edisi 02  tahun III, Februari 2008.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store