Pernah Mengalami Serangan Jantung, Apakah Mungkin Pulih

177

Tahukah Anda bahwa dengan mengubah apa yang Anda makan, seberapa sering Anda berolahraga, menurunkan berat badan, dan mengatasi stress ternyata dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung?

Dapatkah kesehatan jantung seseorang yang pernah mengalami gangguan jantung pulih kembali sepenuhnya? Para ahli mengatakan bahwa Anda dapat memulihkan kerusakan yang sudah terjadi, akan tetapi mungkin tidak semuanya. Hal ini tentunya hanya mungkin tercapai bila Anda bersedia untuk melakukan perubahan besar dan seterusnya pada gaya hidup Anda.

Pada sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa dengan mengubah gaya hidupnya, seseorang dapat memperbaiki aliran darah ke jantung dan kemampuan jantung untuk memompa darah dalam waktu kurang dari 1 bulan. Selain itu, perubahan gaya hidup ini juga dapat membantu mengurangi frekuensi terjadinya nyeri dada hingga 90%.

Dalam waktu 1 tahun, para peneliti menemukan bahwa para peserta penelitian dengan penyumbatan pembuluh darah jantung yang parah pun dapat mengalami perbaikan dan bahkan menjadi lebih baik lagi dalam waktu 5 tahun.

Apa yang harus dilakukan oleh para peserta penelitian untuk mengalami perbaikan kesehatan jantung tersebut? Para peserta penelitian diminta untuk berjalan kaki selama setidaknya 30 menit setiap harinya atau selama 1 jam bila hanya dapat dilakukan selama 3 hari dalam 1 minggu.

Selain itu, para peneliti pun meminta para peserta penelitian untuk mengikuti kelas yoga, meditasi, dan berbagai program untuk mengurangi stress.

Perubahan terbesar yang harus dilakukan oleh para peserta penelitian adalah mengubah pola makan dan apa yang mereka makan. Penderita mungkin harus melakukan suatu perubahan besar bila ia biasanya memiliki pola makan yang tidak sehat.

Para peneliti mengatakan bahwa perubahan pola makan yang tidak menyeluruh hanya akan membantu mencegah terjadinya gangguan jantung berulang tetapi tidak dapat memulihkan kerusakan yang telah terjadi di dalam jantung penderita.

Untuk memulihkan kesehatan jantung seseorang, maka hal ini berarti menjadi seorang vegetarian. Penderita harus meningkatkan konsumsi buah, sayuran, gandum, kacang-kacangan, kedelai dan produknya, susu dan produknya (tanpa lemak), dan putih telur. Selain itu, penderita juga harus menghindari konsumsi lemak, gula, dan berbagai jenis karbohidrat olahan.

Berhenti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga harus dilakukan oleh penderita bila ia ingin memulihkan kesehatan jantungnya.

 

 

Sumber: webmd