Pertolongan Pertama Kemasukan Benda Asing Di Telinga

49

Benda asing di telinga paling sering dijumpai pada anak-anak karena meletakkan benda kecil di dalam telinga. Benda asing yang paling sering dijumpai pada saluran teringa yaitu makanan, mainan kecil, anting, baterai kecil hingga serangga. Tanpa disadari seseorang akan berupaya mengeluarkan benda asing atau serangga tersebut dari telinga dengan cara memasukkan jari. Padahal ini merupakan cara yang salah karena dapat membuat benda tersebut semakin terdorong dan menyumbat lubang telinga.

Apa gejala yang ditimbulkan akibat kemasukan benda asing?

Gejala akibat benda asing di telinga sangat tergantung pada ukuran, bentuk, dan zat yang menyumbat telinga. Terkadang benda asing di telinga yang kecil tidak akan tidak menimbulkan gejala apapun namun pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi di telinga. Gejala lain yang dapat ditimbulkan akibat kemasukan benda asing di telinga yaitu:

  • Nyeri atau rasa tidak nyaman di telinga
  • Penurunan pendengaran. Ini dapat terjadi jika benda yang masuk menyumbat saluran pendengaran pada sisi telinga yang kemasukan benda asing.
  • Iritasi pada saluran telinga
  • Perdarahan. Pada kasus tertentu seperti benda asing yang tajam dapat membuat cedera pada telinga hingga terjadinya perdarahan.

Bagaimana cara pertolongan pertama ketika kemasukan benda asing di telinga?

Berikut ini beberapa langkah penting jika Anda atau anak Anda mengalami kemasukan benda asing di telinga:

  • Cobalah untuk mengevaluasi benda apa yang masuk di dalam telinga. Jika Anda merasa benda tersebut dengan cara memiringkan kepala di sat sisi maka cobalah.
  • Jangan memasukkan jari Anda ke dalam telinga. Hal ini dapat mendorong benda tersebut semakin dalam dan membuatnya menutup saluran telinga Anda.
  • Jika Anda bisa melihat objek di telinga dan berpikir Anda bisa melepasnya dengan mudah, tarik keluar dengan pinset dengan hati-hati.
  • Saluran telinga sangat sensitif, dan ini bisa menyakitkan. Jika telinga Anda kemasukan serangga hidup, bunuhlah sebelum Anda mencoba mengeluarkannya. Masukkan beberapa tetes baby oil atau minyak nabati hangat (tidak panas) ke dalam telinga.
  • Carilah bantuan tim medis. Segera temui dokter Anda jika Anda tidak dapat dengan mudah mengeluarkan benda itu sendiri. Jangan memaksakan untuk mengeluarkan benda tersebut jika Anda merasa tidak yakin.
  • Tetap lakukan pemeriksaan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Sampaikan jika Anda merasakan sakit, kehilangan pendengaran, atau ketidaknyamanan di telinga Anda meskipun benda tersebut sudah dikeluarkan. (PP/PK)

Referensi:

WebMD. 2018. What to Do When Something Is Stuck in Your Ear.

Mayo Clinic. 2017. Foreign object in the ear: First aid.