PERUBAHAN DETAK JANTUNG SAAT OLAHRAGA

37

Kecepatan detak jantung setiap orang berbeda-beda, tergantung tingkat kebugaran dan kekuatan fisik. Denyut jantung menandakan seberapa banyak jantung berdetak untuk memompa darah dalam satu menit. Normalnya, detak jantung akan mengalami peningkatan saat seseorang sedang berolahraga. Artinya, jumlah detak jantung dan kecepatannya mungkin akan berbeda dengan keadaan normal atau saat tubuh beristirahat. Semakin tinggi intensitas olahraga yang Anda lakukan, maka jantung akan bertambah cepat berdetak karena jantung perlu memompa lebih banyak darah dan oksigen ke otot-otot tubuh yang sedang bekerja.

Mengetahui batas normal detak jantung saat berolahraga adalah hal yang sangat penting agar masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan jantung bisa dideteksi sedini mungkin. Selain itu, mengetahui jumlah detak jantung normal juga bisa membantu menghindari seseorang melakukan olahraga secara berlebihan. Denyut jantung istirahat yang normal biasanya 60-100 detak per menit. Jumlah ini dapat bervariasi. Anak-anak cenderung memiliki detak jantung istirahat yang lebih tinggi daripada orang dewasa.

Memeriksa kecepatan denyut jantung sudah ideal atau belum selama berolahraga dapat dilakukan dengan bantuan alat pengukur detak jantung digital. Alat ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai bentuk, misalnya jam tangan. Denyut jantung juga bisa dihitung dengan cara manual. Langkah-langkahnya untuk menghitung denyut jantung manual:

  • Beristirahat sejenak
  • Letakkan ujung jari telunjuk dan jari tengah di sekitar pergelangan tangan kiri atau titik nadi di leher sisi kiri, tekan lembut nadi dengan jari Anda
  • Atur waktu selama 60 detik sambil menghitung detak jantung
  • Agar lebih mudah Anda bisa menghitungnya selama 10 detik dan hasilnya dikalikan 6

Selain melakukan perhitungan, mengetahui jumlah detak jantung yang normal selama berolahraga juga bisa dilakukan dengan memperhatikan tanda yang ditunjukkan tubuh yang dapat mengindikasikan apakah intensitas olahraga Anda berada di tingkat sedang atau sudah terlalu berat. Jika masih dalam batas sedang, biasanya seseorang akan merasakan napas mulai cepat, namun tidak kehabisan napas. Kemudian Anda akan berkeringat setelah 10 menit berolahraga. Anda tidak dapat bernyanyi, tapi tetap dapat berbicara.

Tanda jika intensitas olahraga Anda sudah mencapai level berat:

  • merasa napas cepat dan dalam
  • merasa perlu beristirahat sejenak, sebelum berbicara atau Anda merasa sulit berbicara
  • mulai merasa banyaknya keringat yang keluar dari tubuh padahal baru beberapa menit melakukan aktivitas.

Mengenali dengan baik detak jantung normal pada saat berolahraga dapat membantu seseorang dalam memperkirakan porsi olahraga yang tepat bagi tubuh sehingga manfaat kesehatan dalam menjalani olahraga pun bisa didapatkan dengan baik. (PK/PAY)

Referensi:

  • Mayo Clinic. Exercise intensity: How to measure it. Available at: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise-intensity/art-20046887 Diakses 19 Juli 2019
  • WebMD. Your Heart Rate. Available at: https://www.webmd.com/heart-disease/heart-failure/watching-rate-monitor#1 Diakses 19 Juli 2019