PIJAT KEPALA MENCEGAH RAMBUT RONTOK

12

Rambut rontok menjadi masalah serius bagi sebagian besar masyarakat terlebih kaum wanita. Memiliki rambut yang lebat dan jauh dari kerontokan adalah dambaan. Berbagai tips dan trik dalam menjaga rambut agar tetap lebat dan jauh dari kerontokan salah satunya dengan pijat kepala. Selain membantu otot lebih relax dan terbebas dari tekanan serta stres, pijat kepala juga dianggap dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Pijat kepala selain dibagian tumbuhnya rambut juga dilakukan di leher dan punggung, biasanya menggunakan jari tangan namun ada juga pijat yang dilakukan dengan alat.

Benarkah pijat kepala dapat menumbuhkan rambut? Sebuah penelitian pada tahun 2016 yang dilakukan pada sembilan lelaki di Jepang yang menerima pijat kepala 4 menit setiap hari dalam waktu 24 minggu dengan alat, didapatkan hasil bahwa pijat kepala ini meningkatkan ketebalan rambut. Pijat kepala ini membuat peragangan yang merubah ekspresi gen dalam sel papila kulit manusia. Peregangan ini terbentuk dari tekanan mekanis yang dihasilkan dari pijat kulit standar. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa tekanan pada pijat secara in vitro menunjukkan perubahan ekspresi gen secara signifikan pada sel papila dermal manusia. Sel ini yang mengatur pertumbuhan rambut dan terdapat di lapisan kulit dalam.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2019 juga mendukung penelitian sebelumnya. Dalam penelitian ini, 340 partisipan yang melakukan pijat kepala melaporkan bahwa terjadi pertumbuhan kembali rambut rontok dengan pijat harian rata-rata 11-20 menit. Lama waktu dan frekuensi pemijatan terkait dengan perubahan yang dirasakan oleh tiap orang, Rata-rata mendapat hasil setelah melakukan pijat dengan total waktu 36,3 jam. Perbaikan perubahan rambut sedikit lebih rendah pada peserta yang terjadi penipisan rambut pada banyak bagian seperti penderita Alopesia areata.

            Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memijat kulit kepala. Berikut pilihannya:

  • Pijat tradisional : gunakan ujung jari kedua tangan untuk memberikan tekanan ringan hingga sedang pada kulit kepala. Pijat dengan gerakan melingkar kecil, lakukan cara ini setidaknya 5 menit.
  • Pijat sambil mencuci rambut: cara yang sama juga dapat dilakukan sembari mencuci rambut saat keramas. Pijat kepala dengan ujung jari saat rambut diberi shampo atau kondisioner selama 5 menit lalu bilas seperti biasa.
  • Dengan alat : ada alat khusus yang digunakan untuk melakukan pijat kepala. Belum ada penelitian yang membandingkan efektifitas antara pijat dengan alat dibandingkan dengan pijat manual ujung tangan. Alat pijat kulit kepala ini berbentuk sikat atau karet yang dapat digenggam dengan ringan.
  • Pijat dengan minyak esensial: walau belum ada penelitian terkait penggunaan pada namusia, namun pada hewan penggunaan lavender dan peppermint dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Oleskan langung minyak sebanyak 1-2 tetas ke kulit kepala dan lakukan pemijatan lembut dengan ujung jari. Patikan anda tidak memiliki alergi terhadap produk yang digunakan. (ITA)

Sumber:

Cobb, C. 2019. Can a scalp massage help your hair grow? https://www.healthline.com/health/scalp-massage-for-hair-growth. 15 Desember 2019.

Koyama, T. 2016. Standardized scalp massage results in increased hair thickness by inducing streching forces to dermal papilla cells in the subcutaneous tissue. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4740347/.. 15  Desember 2019.

Robert, E. 2019. Self-Assessments of Standarized scalp massages for androgenic alopecia: survey results. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6380978/. 15 Desember 2019