Pilihan Buah Untuk Lansia

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

565

Saat memasuki usia lanjut usia, Anda harus lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan sarat nutrisi dengan konsistensi yang sesuai dengan struktur gigi lansia tentunya akan membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh Anda agar tetap berjalan dengan optimal, salah satu contohnya adalah buah-buahan. Berikut ini adalah beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi bagi lansia.

  1. Pisang

Buah pisang mengandung berbagai vitamin A, B, C yang berguna untuk menjaga kesehatan mata sekaligus kulit. Selain itu buah ini mengandung karbohidrat, kalium, kalori, zat besi dan air, yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh lansia pada setiap harinya. Karena buah pisang mampu mengatasi tekanan darah tinggi, anemia, depresi, sakit jantung, meyembuhkan sembelit dan masih banyak lagi.

  1. Melon

Buah ini dapat mencegah terjadinya penyakit stroke yang biasanya menyerang para lansia. Hal ini disebabkan karena dalam buah ini terdapat zat antikoagulan yang bermanfaat menghentikan penggumpalan darah.

  1. Apel

Buah apel sangat  baik dikonsumsi oleh siapapun terutama lansia. Tapi sebagian besar orang mengonsumsi buah apel dengan mengupas kulit dan membuangnya. Padahal, tanpa mereka sadari bahwa nutrisi yang paling banyak terdapat di kulit apel tersebut. Jadi ketika Anda mengonsumsi buah apel, sebaiknya Anda mengonsumsinya bersama dengan kulitnya. Tapi apelnya harus dicuci dengan bersih, karena sebagian besar apel yang diperjual belikan mengandung bahan pengawet.

  1. Naga

Buah naga banyak mengadung vitamin C, kalsium, beta karoten, karbohidrat serta kadar serat yang tinggi yang bermafaat memperlancar proses pencernaan. Buah ini baik dikonsumsi oleh semua kalangan usia termasuk lansia. Karena selain memperlancar proses pencernaan, buah naga juga dapat menyembuhkan kanker, tumor, rematik, sakit mata, asam urat, dan jantung.

  1. Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jika Anda atau orang tua Anda menginjak usia 50 tahun, sebaiknya Anda mengonsumsinya agar jantung Anda tetap sehat.

Sayangi tubuh Anda, jangan sembarangan memilih makanan untuk kesehatan yang prima! (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://idealinformasi.blogspot.com/2017/01/inilah-buah-buahan-yang-baik-untuk lansia.html
  2. https://drwox.com/buah-buahan-yang-baik-untuk-lansia/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store