Polio: Penyebab & Pencegahannya

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

553

Sebagai orang tua Anda pasti sudah sering mendengar tentang penyakit “Polio”. Biasanya para orangtua mendapatkan informasi tentang Polio dari posyandu, karena Imunisasi Polio termasuk dalam Imunisasi Dasar yang wajib untuk anak Indonesia. Namun, sebagai orang tua sudah lengkapkah informasi yang Anda dapatkan tentang penyakit ini? Belum? Yuk kita simak artikel di bawah ini.

Poliomyelitis atau penyakit Polio adalah penyakit serius yang disebabkan oleh infeksi virus Polio. Virus ini menyebar melalui kontak dengan makanan, air atau tangan yang terkontaminasi dengan kotoran (tinja) atau sekresi tenggorokan dari orang yang terinfeksi. Virus ini sangat mudah menular dan menyerang system saraf.

Polio banyak menyerang anak-anak usia balita, virus dapat menjangkiti apabila kita belum mendapat vaksinasi polio, bepergian ke daerah yang terjangkit polio, berusia sangat muda atau sangat tua, memilki luka disekitar mulut, hidung dan tenggorokan, mengalami stress berat, serta kelelahan fisik yang luar biasa sehingga menurunkan daya tahan tubuh.

Masa inkubasinya adalah 3-5 hari, umumnya pasien akan mengalami kelumpuhan yang terjadi secara tiba-tiba pada salah satu anggota tubuh setelah mengalami demam selama 2-5 hari. Penyakit Polio secara aktif biasanya berlangsung sekitar dua minggu, tetapi kerusakan saraf dapat berlangsung seumur hidup dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Gejala lain yang dapat ditimbulkan berupa kelelahan setelah aktivitas ringan, otot-otot mengecil, sendi dan otot mengalami kelemahan dan nyeri, dapat terjadi henti nafas saat tidur, depresi, kesulitan menelan, kesulitan bertkonsentrasi serta tidak tahan terhadap cuaca dingin dan suhu rendah.

Penyakit Polio sangat menular dan kecacatan yang timbul setelahnya sulit dihindari. Namun ingat, penyakit ini bisa dicegah. Vaksinasi polio, memasak air dan bahan makan hingga matang atau mendidih sempurna sebelum diminum, menjalani pola hidup sehat termasuk menjaga kebersihan adalah upaya pencegahan yang dapat kita lakukan sehari-hari.

Jika Anda menemukan gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas, segeralah periksakan ke dokter. Jangan menunda. Dan yang terpenting, jangan pernah melewatkan pemberian Vaksin Polio pada buah harti Anda. (EDA/CM)

 Sumber :

  1. Muhlisisn A. Penyakit Polio : Pengertian, Gejala, Penyebab, Pengobatan. https://mediskus.com/penyakit/penyakit-polio/
  2. Mengenal Penyakit Polio. http://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Kesehatan/Umum/Mengenal-penyakit-polio
  3. https://www.alodokter.com/polio

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store