POLISITEMIA VERA DAPAT MENYEBABKAN STROKE!

19

Polisitemia vera adalah kanker darah yang tumbuh lambat di mana sumsum tulang yang membuat terlalu banyak sel darah merah. Sel-sel berlebih ini mengentalkan darah dan memperlambat alirannya menyebabkan komplikasi, seperti gumpalan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Tanpa pengobatan, polisitemia vera dapat mengancam jiwa. Tetapi perawatan medis yang tepat dapat membantu meringankan tanda, gejala, dan komplikasi penyakit ini. Seiring waktu, dalam beberapa kasus ada risiko berkembang menjadi kanker darah yang lebih serius, seperti myelofibrosis atau leukemia akut.

Gejala

Banyak orang dengan polisitemia vera tidak memiliki tanda atau gejala. Tapi gejala umum yang dapat terjadi seperti:

  1. Gatal, terutama setelah mandi air hangat atau mandi
  2. Sakit kepala
  3. Pusing
  4. Pendarahan atau memar
  5. Kelemahan
  6. Kelelahan
  7. Penglihatan kabur
  8. Keringat berlebihan
  9. Pembengkakan menyakitkan pada satu persendian, seringkali jempol kaki
  10. Sesak napas
  11. Mati rasa, kesemutan, terbakar atau lemah di tangan, kaki, lengan, atau kaki Anda
  12. Perasaan kenyang atau kembung di perut kiri atas karena pembesaran limpa
  13. Demam
  14. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Komplikasi

Kemungkinan komplikasi polisitemia vera meliputi:

  1. Penggumpalan darah. Peningkatan ketebalan darah dan penurunan aliran darah, serta kelainan pada trombosit, meningkatkan risiko pembekuan darah. Gumpalan darah dapat menyebabkan stroke, serangan jantung atau penyumbatan arteri di paru-paru Anda (emboli paru) atau di dalam vena dalam otot (deep vein thrombosis).
  2. Limpa membesar (splenomegali). Meningkatnya jumlah sel darah yang disebabkan oleh polisitemia vera membuat limpa bekerja lebih keras dari biasanya, yang menyebabkan terjadi pembesaran.
  3. Masalah karena tingginya kadar sel darah merah. Terlalu banyak sel darah merah dapat menyebabkan sejumlah komplikasi lain, termasuk luka terbuka pada lapisan dalam perut, usus kecil bagian atas atau kerongkongan (tukak lambung) dan peradangan pada persendian (asam urat).
  4. Gangguan darah lainnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, polisitemia vera dapat menyebabkan penyakit darah lainnya, termasuk gangguan progresif di mana sumsum tulang diganti dengan jaringan parut (myelofibrosis), suatu kondisi di mana sel-sel induk tidak matang atau berfungsi dengan baik (sindrom myelodysplastic), atau kanker dari darah dan sumsum tulang (leukemia akut).

Pengobatan

Polisitemia vera adalah kondisi kronis yang tidak dapat disembuhkan. Perawatan berfokus pada pengurangan jumlah sel darah. Dalam banyak kasus, pengobatan dapat mengurangi risiko komplikasi dari polisitemia vera dan mengurangi tanda dan gejala.

Mengambil darah dari pembuluh darah dengan prosedur yang disebut phlebotomy biasanya merupakan pilihan perawatan pertama bagi orang-orang dengan polisitemia vera. Ini mengurangi jumlah sel darah dan mengurangi volume darah. Seberapa sering Anda membutuhkan proses mengeluarkan darah tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda.

Untuk orang-orang dengan polisitemia vera yang tidak dibantu dengan proses mengeluarkan darah saja, dokter mungkin akan memberi obat-obatan untuk menekan kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel darah mungkin dapat digunakan.(LM/STE)

Referensi

Polisitemia vera – Symptoms and causes. (2019). Retrieved from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/polycythemia-vera/symptoms-causes/syc-20355850

Polisitemia vera – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2019). Retrieved from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/polycythemia-vera/diagnosis-treatment/drc-20355855