Populasi Pejalan Kaki Paling Malas Ada Di Indonesia!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

244

Seberapa sering Anda berjalan kaki? Berapa banyak Anda melangkah dalam sehari? Pertanyaan di atas mungkin jarang “mampir” di benak Anda, sama seperti sebagian besar masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Para peneliti di Universitas Stanford menggunakan data 700.000 sampel pengguna yang diambil dari sebuah aplikasi pemantau aktivitas, Argus, pada telepon seluler mereka. Hasilnya, orang-orang di Hong Kong menempati urutan teratas dalam daftar penduduk paling rajin berjalan kaki. Mereka berjalan kaki sekitar 6.880 langkah setiap hari. Adapun Indonesia, tercatat sebagai penduduk paling malas sedunia dalam berjalan kaki dengan catatan 3.513 langkah per hari.

Para peneliti menemukan adanya kesenjangan di setiap negara antara penduduk yang paling rajin beraktivitas dan paling malas bergerak. Semakin besar kesenjangan itu, semakin besar pula taraf obesitasnya. Penyebab malasnya masyarakat kita untuk bepergian mungkin terkait beberapa alasan seperti buruknya sarana pejalan kaki, rawan kriminalitas, banyaknya angkutan umum yang tersedia, dan faktor malas. Kita mungkin tidak sadar ada begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan berjalan kaki minimal 6.000-7.000 langkah sehari, misalnya:

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Meningkatkan metabolisme tubuh
  3. Mencegah osteoporosis (tulang keropos)
  4. Membantu pembentukan otot
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  6. Merangsang kerja otak
  7. Menjaga tubuh tetap aktif dan siaga
  8. Membantu proses detoksifikasi pada tubuh
  9. Berjalan membuat kita menjadi lebih bahagia
  10. Meningkatkan harapan hidup

Meskipun berjalan kaki memiliki beribu manfaat, tampaknya masyarakat selalu berhasil menemukan “kambing hitam” mengapa mereka begitu sulit melakukan aktivitas yang satu ini, mulai dari polusi, teriknya matahari, padatnya jalanan, dan lain sebagainya. Nah, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati hal ini, yaitu:

  1. Angkat telepon sambil berjalan mondar-mandir

Jika Anda salah satu orang yang sering menerima telepon melalui ponsel, tidak ada salahnya untuk berbicara di telepon sambil berjalan mondar-mandir di sekitar meja kerja. Anda bisa berjalan selangkah-selangkah sembari mengobrol di telepon. Dengan begini, Anda pun nggak akan terasa sudah melakukan jalan kaki beberapa langkah.

  1. Jalan kaki ke minimarket terdekat

Kalau biasanya Anda mendapat bantuan dari sepeda, motor, atau mbak di rumah untuk membelikan sesuatu di minimarket dekat rumah, coba deh sesekali jalan kaki. Selain bisa bertegur sapa dengan tetangga di sekitar rumah, tanpa terasa kita sudah membuat jantung menjadi lebih sehat kan?

  1. Minta transportasi online berhenti agak jauh

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa lepas dari bantuan transportasi online, Anda tetap bisa untuk jalan kaki. Anda bisa minta berhenti sekitar 100 meter dari lokasi tujuanmu.

Mulai dari sekarang mari kita semua belajar berjalan kaki lebih banyak. Meskipun ini hal kecil tetapi harus kita mulai dari diri sendiri sebelum memotivasi orang lain. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. https://bbc.com/indonesia/majalah-40577906/
  2. https://msn.com/id-id/kesehatan/kebugaran/ini-lho-10-manfaat-berjalan-kaki-30-menit-sehari-untuk-kesehatan/ar-AAuQlCj/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store