POTONG RAMBUT SAAT HAMIL, BOLEHKAH?

19

Kehamilan merupakan bagian penting dari kehidupan seorang calon ibu. Ibu manapun di seluruh dunia ingin menjalani kehamilan yang aman, nyaman, dan yang paling penting, buah hati dapat lahir dengan normal dan tanpa hambatan. Karena kekhawatiran ini banyak sekali ibu menjadi hati-hati. Sebagian kehati-hatian yang terjadi secara berlebihan ini menyebabkan munculnya banyak sekali mitos dan kepercayaan pada kehamilan. Sebagian kehati-hatian ini dapat dikonfirmasi oleh fakta medis, namun sebagian lagi merupakan hoaks yang terus menerus berputar di telinga-telinga ibu hamil karena tidak melakukan crosscheck terhadap fakta medis yang ada. Artikel ini akan membahas mengenai potong rambut dan perawatan rambut secara umum selama kehamilan.

Kehamilan sebenernya bagus untuk rambut ibu. Menurut berbagai penelitian, kehamilan dapat menyebabkan rambut ibu lebih panjang dan tebal dibandingkan saat tidak hamil. Hal ini terjadi karena alasan yang belum jelas. Namun para ahli menduga, fenomena ini muncul akibat hormon ekstra yang muncul saat kehamilan. Saat hamil rambut akan tampak lebih bagus, karena siklus tumbuhnya rambut semakin cepat. Selain bentuknya yang menjadi lebih bagus dan cantik, kehamilan juga menyebabkan rambut untuk semakin kuat dan tidak gampang rontok.

Sebagian wanita memilih untuk mewarna rambutnya saat hamil. Dengan mewarnai rambut, rambut tampak lebih bagus dan segar. Hal ini dilakukan karena tuntutan profesi, atau memang karena keinginan dari ibu hamil. Para ahli memiliki perbedaan pendapat mengenai pewarnaan rambut saat hamil. Sebagian ahli melalui berbagai penelitian berpendapat bahwa pewarna rambut dapat berbahaya bagi bayi dan menyarankan untuk tidak menggunakannya saat hamil. Sebagian lagi mengizinkan penggunaan pewarna rambut, setelah trimester pertama. Trimester pertama merupakan fase krusial janin dan sangat sensitif  terhadap zat kimia. Semakin sedikit zat kimia yang tidak penting masuk ke tubuh, semakin baik. Opsi lain adalah menggunakan pewarna rambut yang natural, seperti hyena. Namun ibu juga perlu hati-hati karena banyak pewarna rambut yang melakukan klaim bahwa produknya bersifat natural.

Sementara untuk shampoo, conditioner, dan hair gel juga tidak perlu diganti selama kehamilan. Kecuali Anda menggunakan shampoo yang diresepkan oleh dokter sebagai terapi. Shampo anti jamur biasanya tidak memberikan efek signifikan pada kehamilan, namun jika shampo mengandung kortison, hal ini sebaiknya dikonsulkan ke dokter terlebih dahulu.

Untuk pemotongan rambut selama kehamilan, tidak ada larangan untuk melakukannya. Memotong rambut tidak memberikan dampak pada kehamilan. Hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan rambut dan zat-zat kimia yang digunakan pada kulit kepala untuk merawat rambut setelah melakukan pemotongan rambut. Jika Anda berniat untuk melakukan pemotongan rambut saat kehamilan, pastikan salon Anda menggunakan bahan-bahan yang ramah ibu hamil. (RPG)

Sumber

WEBMD. 2019. WebMD. [online]. [Accessed 23 June 2019]. Available from World Wide Web: <https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-hair-care#2>