Prostat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

238

Pernahkah Anda mendengar penyakit prostat? Penyakit yang sering terjadi dan banyak disebut ini ternyata merupakan penyakit yang menjadi momok bagi kaum pria. Mengapa demikian?

Penyakit prostat biasanya muncul ketika seorang pria berusia di atas 50 tahun. Gejala yang sering dikeluhkan adalah sering tidak dapat menahan buang air kecil. Terlebih, keinginan itu muncul ketika malam hari, tetapi air seni sulit keluar dan terasa sangat sakit. Gejala di atas menyebabkan rasa trauma dan menyiksa. Penderita penyakit prostat seringkali mengeluh sulit untuk beristirahat akibat keluhan tersebut. Apabila dibiarkan, keluhan ini dapat menurunkan kualitas hidup seseorang.

Prostat adalah kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing (uretra). Ukuran organ ini sebesar biji kemiri dengan diamater empat sentimeter. Semakin bertambah usia, ukuran prostat akan semakin membesar.

Pada pria usia 25-30 tahun prostat mencapai berat maksimal, sekitar 25 gram. Prostat adalah kelenjar seks yang befungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Ketika pria mencapai usia pubertas, kelenjar prostat mulai membuat cairan mani. Produksi terus menerus membuat kelenjar prostat bekerja dengan keras, sehingga selnya membesar. Seiring dengan bertambahnya usia, pembesaran kelenjar prostat pria dapat mengalami gangguan seperti peradangan prostat, hingga tumor, dan kanker prostat.

Penyebab Penyakit Prostat pada Pria digolongkan menjadi 3 kelompok besar yaitu

  1. Pembesaran Prostat Jinak
  2. Peradangan Prostat
  3. Kanker Prostat

Meski sama-sama mengalami pembesaran, namun gejala yang dikeluhkan pada masing-masing kelompok dapat berbeda. Misalnya pada keradangan prostat, keluhan demam akan menyertai. Sedangkan pada kanker, keluhan kencing berdarah bisa saja menjadi keluhan dominan.

Pencegahan Penyakit Prostat pada Pria

  1. Menjalankan Pola Hidup Sehat
  2. Cukupi Kebutuhan Lemak Esensial
  3. Seringlah Mengonsumsi Sayuran Kubis
  4. Periksakan Kesehatan Prostat secara rutin ke dokter

Mengobati Penyakit Prostat

Setelah mengetahui penyebab penyakit prostat, Anda perlu mengetahui alternatif pengobatan prostat. Mungkin saja Anda penasaran, selain obat-obatan medis, adakah obat herbal yang bisa menyembuhkan gangguan prostat? Kabar baik untuk siapa pun yang sedang mengalami gangguan prostat, ada satu alternatif obat herbal yang bisa Anda gunakan untuk menangani penyebab prostat sakit ini.

Jintan hitam atau habbatussauda bersifat sebagai apoptosis (mematikan sel-sel kanker), antiproliferasi, dan antiangiogenesis (pembentukan sel-sel pembuluh darah baru), sehingga dapat mengatasi gangguan prostat terutama dapat menyembuhkan kanker prostat. Asalkan mengonsumsi secara teratur dan selalu menjaga pola hidup sehat (termasuk pola makan sehat), gangguan prostat dapat hilang dengan sendirinya. (RH/STE)

Daftar Pustaka


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store