Psoriasis dan Alergi Ternyata Berhubungan Lho, Benarkah???

129

Apakah menderita alergi dapat memicu atau memperburuk gejala psoriasis Anda? Menurut beberapa ahli, tidak ditemukan adanya hubungan antara psoriasis dengan alergi.

Walaupun keduanya berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, akan tetapi keduanya berbeda. Psoriasis merupakan suatu penyakit autoimun, yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan dan menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Sedangkan alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan pada sesuatu zat yang tidak menimbulkan gejala yang sama pada sebagian besar orang lainnya. Beberapa zat atau alergen yang sering menjadi penyebab timbulnya reaksi alergi adalah serbuk sari, bulu binatang, atau makanan tertentu.

Stress dan obat-obatan tertentu tampaknya turut berperan dalam terjadinya atau kambuhnya gejala psoriasis atau alergi. Hal ini dikarenakan keduanya dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Saat stress, sistem kekebalan tubuh pun akan menjadi lebih “waspada”. Hal ini akan membuat reaksi alergi atau gejala psoriasis kambuh atau semakin memburuk.

Beberapa jenis obat-obatan yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh juga dapat mempengaruhi gejala psoriasis dan alergi. Beberapa jenis obat anti alergi telah diketahui dapat membantu mengatasi atau justru memperburuk gejala alergi.

Banyak orang tidak dapat membedakan gejala alergi dengan gejala psoriasis karena keduanya sama-sama menyebabkan terbentuknya suatu bercak kemerahan yang gatal pada kulit. Untuk memastikannya, dianjurkan agar Anda segera memeriksakan diri ke seorang dokter spesialis kulit.

Intinya adalah psoriasis tidak dapat menyebabkan gejala alergi memburuk dan sebaliknya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kekambuhan, yaitu dengan mengatasi stress dan kulit gatal.

Psoriasis dapat kambuh saat ada bagian kulit Anda yang mengalami kerusakan. Jadi, bila Anda baru saja mengalami reaksi alergi dan Anda terlalu sering menggaruk bagian kulit tersebut, maka hal ini dapat menyebabkan kambuhnya gejala psoriasis.

Sumber: webmd