Puasa Untuk Penderita Diabetes

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

271

Tidak terasa bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Semua umat muslim berharap dapat menjalankan puasa secara penuh dan lancar, tidak terkecuali para penderita diabetes mellitus (DM).

Berpuasa bagi penderita DM memang tidak mudah, perlu perhatian khusus. Perlu penyesuaian dengan jadwal minum obat dan monitor kadar gula darahnya. Namun demikian, ada sejumlah manfaat besar bagi kesehatan penderita DM. Berikut ini manfaat puasa bagi penderita DM.

  1. Menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.
  2. Membantu regulasi insulin sehingga menurunkan resistensi insulin di dalam tubuh.
  3. Berkurangnya kadar kolesterol karena menggunakan lemak sebagai bahan bakar selama puasa. Dengan menurunnya kadar kolesterol, risiko penyakit jantung pada penderita diabetes tipe 2 pun akan menurun.
  4. Mengontrol hormon stress. Stres dikenal sebagai salah satu pemicu naiknya kadar gula darah.

Tapi ingat, ada beberapa hal yang harus terus dimonitor selama penderita DM berpuasa agar manfaat yang sudah disebutkan tadi dapat dinikmati tanpa mencicipi resikonya.

  1. Konsultasikan dahulu kesehatan anda dengan dokter. Rencanakan pola diet, cara konsumsi obat DM, dan antipasti komplikasi DM yang dapat terjadi selama berpuasa.
  2. Periksa kadar gula darah anda selama berpuasa minimal 1x sehari (memeriksa gula darah dengan menusuk jari tidak membatalkan puasa anda).
  3. Usahakan sumber karbohidrat selama berpuasa memiliki indeks glikemik rendah seperti nasi merah, jagung, gandum, dan kacang-kacangan
  4. Usahakan pola diet seimbang baik saat sahur maupun berbuka puasa, di antaranya sumber protein seperti ayam dan ikan, serta sayuran dan buah-buahan seperti pisang, jeruk, anggur, apel, dan pir yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga anda akan kenyang lebih lama.
  5. Perhatikan tanda-tanda bahaya komplikasi DM, antara lain: gula darah di bawah 70mg/dl atau di atas 300 mg/dL, mual, sakit kepala, air seni berwarna gelap, dan pusing. Bila ada mengalami gejala-gejala tersebut makan disarankan membatalkan puasa.

Nah, ternyata DM tidak harus menjadi halangan untuk berpuasa. Semoga tips tadi bermanfaat untuk penderita DM yang berniat mencari pahala di bulan suci Ramadhan. Selamat berpuasa! (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Boedisantoso, A. 2005. Komplikasi Akut Diabetes Mellitus. Jakarta: Fakultas Kedokteran UI. Baliwati.
  2. Ndraha, 2009, Puasa bagi penderita Diabetes Melitus, Jakarta: Penerbit. Gramedia.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store