Rabun Senja

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

200

Rabun senja atau rabun ayam (nyctalopia) adalah sebuah penyakit mata yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat jika kekurangan sumber cahaya. Mengapa dinamakan rabun ayam? Karena ayam, selepas senja atau ketika sumber cahaya berkurang, juga mengalami kesulitan melihat.

Penyebab utama penyakit ini adalah kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat membuat mata menjadi kering. Lama-kelamaan, kekeringan pada mata dapat menyebabkan lapisan mata menjadi rusak sehingga terjadilah rabun senja. Selain itu, penyebab lain rabun senja adalah:

  1. Penyakit kronis seperti kencing manis dapat mempengaruhi pengelihatan. Gula darah yang tidak terkontrol pada penderita kencing manis dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan saraf mata, sehingga dapat menyebabkan kebutaan total.
  2. Katarak atau penyakit pada mata yang menyebabkan lensa mata nampak tertutup perselubungan seperti awan juga dapat menyebabkan rabun senja.
  3. Stres berlebihan, kecemasan, atau takut kegelapan (fobia) dapat menyebabkan masalah pengelihatan seperti rabun senja.
  4. Rabun jauh atau gangguan refraksi lain pada mata yang tidak ditangani dengan baik juga dapat menyebabkan rabun senja.
  5. Usher syndrome. Gejala kondisi ini salah satunya adalah retinitis pigmentosa atau kelainan pada penglihatan dan pendengaran. Penyakit ini berkaitan dengan kelainan genetik atau keturunan.
  6. Efek obat-obatan tertentu, Penggunaan obat-obatan untuk glaukoma bisa membuat pupil menyempit sehingga menimbulkan efek samping seperti rabun senja.

Orang yang menderita rabun senja memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Sulit melihat jalan saat berkendara pada malam hari.
  2. Sulit melihat sekitar ketika berjalan di tempat gelap, misalnya di dalam bioskop.
  3. Sulit melihat bintang di langit.

Untuk pengobatan rabun senja tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya adalah kekurangan vitamin A, pengobatannya relatif mudah.  Cukup dengan memastikan tubuh Anda mendapat vitamin A yang memadai setiap harinya.  Pada umumnya asupan vitamin A yang diperlukan tubuh sekitar 5,000 International Unit (IU) per hari.  Asupan vitamin A ini dapat diperoleh dari makanan seperti, susu, telur, hati, daging, ayam, sayuran hijau, wortel, ubi, bayam, brokoli, mangga, dan tomat. Apabila rabun senja Anda disebabkan oleh rabun jauh, maka pastikan kacamata yang Anda gunakan memiliki ukuran yang tepat dengan minus mata Anda.  Sedangkan untuk megatasi rabun senja yang diakibatkan oleh efek samping obat-obatan glaucoma, ada baiknya Anda beraih obat agar efek samping ini dapat dihindari.   Operasi pun dapat menjadi solusi bagi Anda yang menderita katarak dan rabun senja.

Sebelum masalah pada mata ini terjadi pada Anda, sebaiknya Anda melakukan pencegah lebih awal dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin A, mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan dan mineral tinggi, memantau kadar gula secara rutin dan menggunakan kaca mata hitam saat beraktifitas dibawah terik matahari untuk menghindari kesilauan.

Jika Anda merasa masih bingung dengan gejala yang Anda rasakan, Anda dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter spesialis mata. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://optikmelawai.com/kesehatan-mata/penyebab-dan-pengobatan-rabun-senja.html

https://alodokter.com/rabun-senja


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store