Rahasia Awet Muda: Makan Makanan Ini, Yuk!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

69

Proses penuaan adalah suatu proses genetika yang fisiologis serta berkaitan dengan perubahan pada struktur dan fungsi komponen sel tubuh dan lingkungannya. Proses ini dapat terjadi karena sepanjang hidup sel-sel dalam tubuh manusia terpapar oleh banyak radikal bebas yang dapat menyebabkan rusaknya sel-sel tersebut. Efek dari proses penuaan akan terus bertambah dari waktu ke waktu dan setiap makhluk hidup akan mengalaminya.

Perubahan yang terjadi pada proses penuaan dapat dilihat dalam berbagai aspek, diantaranya adalah penurunan daya lihat, dengar, menghidu, dan merasa; penurunan massa otot termasuk otor organ vital seperti jantung; penurunan sistem kekebalan tubuh; penurunan massa tulang atau terjadinya osteoporosis; serta penurunan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi keriput. Pada dasarnya, proses penuaan adalah suatu proses kompleks yang tidak hanya terkait dengan perubahan penampilan fisik, tetapi juga terkait dengan perubahan organ dalam tubuh.

Proses penuaan tidak bisa dihentikan, namun bisa diperlambat perjalanannya. Tidak sedikit orang yang berusaha agar tubuhnya tetap sehat, bugar, dan tampak awet muda meskipun usia makin bertambah. Lantas, bagaimakah caranya?

Superfood adalah sebutan untuk makan yang bermanfaat untuk tubuh serta mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu membantu tubuh melawan penyakit, menjadikan makanan ini sebagai “senjata” dalam memerangi proses penuaan.

  1. Buah ini kayak akan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah proses penuaan kulit. Kada kalium yang tinggi dalam buah ini dpaat mencegah retensi cairan dan tekanan darah tinggi.
  1. Buah beri biru, beri hitam, dan anggur hitam mengandung phytochemicals yang dikenal sebagai flavonoids dan anthocyanins, merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas dan proses penuaan; memperlambat perkembangan beberapa tipe kanker dan diabetes; dan meningkatkan fungsi otak dan tonus otot. Buah-buah beri ini juga mengandung vitamin C yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit dan mempercepat penyembuhan sunburn.
  1. Dark chocolates. Buah cocoa, memiliki antioksidan flavanol tinggi dan dapat membantu mengurangi inflamasi atau pembengkakan yang terjadi akibat paparan dari sinar UV. Konsumsi dark chocolates juga dapat meningkatkan sirkulasi kulit dan kemampuan kulit dalam menjaga kelembapannya, sehingga kulit keriput akan berkurang. Tidak semua coklat memiliki kandungan antioksidan flavanol yang sama seperti dark chocolates.
  1. Terutama sayuran dari family Cruciferous, yaitu kubis, kol, brokoli, lobak, kecambah, dan seledri. Sayuran ini berfungsi melawan toksin dan kanker. Brokoli juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kandungan yang lain pada sayur ini adalah vitamin C dan A, folat, kalsium, dan nutrient lain yang mendukung kesehatan tulang, mencegah penurunan fungsi kognitif serta mencegah masalah penglihatan.
  1. Kacang-kacangan. Sebagian besar jenis kacang merupakan sumber dari mineral, khususnya buah kenari. Buah kenari mengandung tinggi kalori, kalium, magnesium, besi, zinc, tembaga, dan selenium sehingga mampu memperkuat fungsi percernaan dan sistem imun serta memperkuat jaringan kulit dalam mencegah kanker.
  1. Konsumsi kedelai terutama baik untuk wanita menopause karena mampu menjaga kadar esterogen. Kedelai mampu mengurangi terjadinya hot flush pada wanita menopause serta melawan penyakit Alzheimer, osteoporosis, dan penyakit jantung.
  1. Daging buah semangka mengandung vitamin A, B, dan C, sedangkan pada bijinya terdapat selenium, lemak esensial, zinc, dan vitamin E yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan proses penuaan.
  1. Minum air yang cukup. Kebutuhan rata-rata air pada orang dewasa sehat tiap harinya adalah sekitar 2100 ml. Air dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan toksin dan produk metabolisme tidak berguna dari tubuh.
  1. Ikan menyediakan asam lemak omega 3 yang membantu melawan inflamasi pada tubuh. Asam lemak ini sangat terkenal dalam mencegah proses penuaan dini.
  1. Minyak zaitun. Konsumsi minyak zaitun dapat mengurangi kadar kolesterol serta menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, dan penurunan fungsi kognitif yang terkait bertambahnya usia. Minyak zaitun juga merupakan antiinflamasi.
  1. Yogurt. Yogurt adalah sumber kalsium, vitamin, dan banyak protein yang sangat berguna dalam memelihara kesehatan kulit. Yogurt plain juga mengandung bakteri baik untuk saluran cerna. Beberapa probiotik ditemukan dalam yogurt dan berfungsi untuk menurunkan inflamasi kulit dan meningkatkan kadar oksigen yang diterima oleh kulit.
  1. Beberapa buah berwarna merah, termasuk tomat, mengandung lycopene, antioksidan yang dapat memelihara tekstur kulit dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan kanker, seperti kanker prostat, paru, dan lambung.

Selain mengkonsumsi superfood, dalam mengupayakan agar tubuh tetap sehat dan awet muda, kebiasaan makanan sehari-hari pun harus diperhatikan. Bagaimanakah tips diet untuk menunda proses penuaan?

  1. Makan seperti raja saat sarapan, seperti putri saat makan siang, dan seperti rakyat saat makan malam. Sarapan sangat penting perannya karena menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk memulai hari dan terdapat waktu sehari penuh untuk membakar kalori. Sebaliknya, makan malam harus lebih ringan dibandingkan sarapan dan makan siang.
  2. Mengurangi asupan lemak dan gula, dengan mengurangi porsi karbohidrat, makanan manis, ataupun makanan yang digoreng. Ganti karbohidrat dengan makan tinggi serat. Jadikan buah-buahan sebagai sumber utama gula dalam sehari-hari. Buah juga kaya akan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral.
  3. Makan sumber karbohidrat kompleks yang bervariasi seperti roti, nasi, dan jagung. Dengan demikian, gula darah akan terjaga pada kadar yang konstan dan mengurangi proses penuaan dari pembuluh darah.
  4. Cobalah mulai makan pengganti daging atau sumber protein non-hewani, seperti kacang polong dan kedelai yang difermentasi (untuk menghindari racun). Selain itu, pada daging hewan terkandung lebih banyak lemak jenuh dan kolesterol yang tidak baik bagi tubuh bila jumlahnya berlebihan.
  5. Hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia, seperti pengawet, pemanis buatan, dan perwarna. Sejumlah kecil bahan kimia dapat menyebabkan akumulasi toksin dan mempercepat terjadinya proses penuaan.
  6. Minum air yang cukup. Kebutuhan rata-rata air pada orang dewasa sehat tiap harinya adalah sekitar 2100 ml. Kebutuhan air ini tidak hanya didapat dari air mineral saja, tapi termasuk air dalam buah, sayur, makanan berkuah, dan lain-lain.
  7. Konsumsi yogurt rendah lemak juga dianjurkan karena terdapat bakteri usus yang menguntungkan dalam meningkatkan penyerapan nutrisi pada saluran cerna. Nutrisi yang adekuat diperlukan dalam memperlambat proses penuaan.
  8. Hindari konsumsi kopi, teh, soda, dan minuman lain yang mengandung kafein karena bersifat toksik yang mempercepat terjadinya proses penuaan. (ROU)

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store