Rahasia Memulai Hari Anda Dengan Tubuh Yang Bugar

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

373

Setiap orang pasti menginginkan bangun tidur dalam kondisi segar tanpa rasa malas. Namun, tentunya hal ini tak mudah, terutama jika semalam anda begadang. Efek begadang membuat tubuh akan masih merasa lemas dan lelah yang mengakibatkan konsentrasi menurun sehingga suasana hati menjadi berantakan karena mengawali pagi dengan kurang sempurna dan tidak bugar. Namun, jangan khawatir, jika anda ingin tetap bugar saat bangun tidur, berikut terdapat beberpa cara agar bisa bangun tidur dengan bugar, perasaan lebih segar dan nyaman.

  1. Langsung minum air putih

Awali bangun tidur di pagi hari dengan minum segelas air putih. Selain rasa segar yang dapat membuat anda lebih terjaga, air putih juga dapat membantu anda terhidrasi dan juga membantu membersihkan tubuh dari racun.

  1. Aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik/ bergerak di pagi hari sebelum melakukan aktivitas lain akan membuat tubuh jadi lebih siap dan segar.

  1. Tarik nafas dalam

Cara ini bisa meningkatkan hormon serotonin yang disebut hormon bahagia.

  1. Melakukan yoga

Melakukan yoga dengan gerakan sederhana dapat membuat Anda lebih mudah mendapatkan energi dan semangat untuk beraktivitas.

  1. Terkena sinar matahari pagi

Cahaya matahari terbit yang masuk ke dalam kamar akan mengirim sinyal ke otak untuk memperlambat produksi melatonin dan meningkatkan produksi adrenalin, suatu sinyal yang memberikan informasi pada tubuh bahwa sudah waktunya bangun.

  1. Setel alarm lebih awal

Dengan menyetel alarm 15 menit lebih awal, maka tidak perlu tergesa-gesa untuk bangun. Hal ini penting agar fisik dan mental siap menjalani aktivitas sepanjang hari.

  1. Jangan minum kopi tiap hari

Jika setiap hari kita mengkonsumsi kopi maka tubuh kita menjadi terlalu terbiasa dengan kafein yang terkandung dalam kopi. Kopi yang diminum setiap hari, semakin hari semakin kehilangan khasiatnya untuk ‘membangunkan’ tubuh. Jadi ada baiknya minum kopi hanya jika merasa sangat membutuhkannya.

  1. Sarapan sehat.

Hindari makanan tinggi karbohidrat putih dan gula karena akan membuat gula darah cepat naik dan cepat juga turunnya. Hasilnya tubuh akan terasa semakin lemas. Konsumsilah diet seimbang yang kaya protein dan serat.

  1. Konsumsi suplemen

Jika nutrisi dari makanan sehari-hari cukup, maka tak perlu mengonsumsinya.

  1. Mandi dengan air dingin

Saat mandi, pilihlah air dingin daripada air hangat. Suhu dingin akan merangsang syaraf-syaraf untuk bereaksi terhadap rangsangan, memperlancar aliran darah, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tentunya membuat lebih bugar dan segar.

  1. Tidur cukup

Tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh menjadi segar dan bersemangat.

  1. Bersyukur
    Bersyukur bahwa hari itu kita masih diberi kesempatan untuk hidup merupakan cara lain untuk lebih bersemangat saat bangun pagi. Jangan memandang hari yang bakal dijalani sebagai beban.

Nah, tidak sulit bukan? Semoga Anda selalu bangun dengan semangat dan bugar. (LM/CM)

Referensi

  1. Tips, H. (2018). The best time to sleep and wake-up if you want to stay fit! – THIS is the best time to sleep and wake-up if you want to stay fit! | The Times of India. Retrieved from https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/the-best-time-to-sleep-and-wake-up-if-you-want-to-stay-fit/photostory/62457973.cms/
  2. Widowati, U. (2018). Tujuh Cara Agar Merasa Segar Saat Bangun Tidur. Retrieved from https://cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150626190358-255-62708/tujuh-cara-agar-merasa-segar-saat-bangun-tidur/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store