Rajin Olahraga Hambat Penurunan Fungsi Daya Ingat, Benarkah?

128

Tahukah Anda bahwa otak manusia akan mengalami penyusutan alias mengecil seiring dengan semakin bertambahnya usia mereka? Apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat proses tersebut?

 

Jawabannya adalah dengan rajin berolahraga! Memiliki tubuh yang bugar karena rutin berolahraga ternyata bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda, tetapi juga otak Anda.

 

Para peneliti dari Boston University, School of Medicine menemukan adanya hubungan antara volume jaringan otak seseorang pada usia 60 tahun dengan tingkat kebugaran fisik orang tersebut di usia 40 tahun.

 

Pelitian ini bukanlah penelitian pertama yang menemukan adanya hubungan antara kebugaran fisik seseorang di usia paruh baya dengan kesehatan otak orang tersebut di kemudian hari.

Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun lalu menemukan adanya hubungan antara  kebugaran fisik di usia dewasa dengan hasil pemeriksaan kognitif (kemampuan berpikir) pada awal hingga pertengahan usia 40 tahun. Para peneliti menemukan bahwa para peserta penelitian yang rajin berolahraga memiliki hasil tes yang lebih tinggi.

 

Selain itu, sebuah penelitian lainnya juga menemukan adanya hubungan antara aktivitas fisik dengan penurunan resiko terjadinya demensia (pikun) di usia tua. Para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki aktivitas fisik yang cukup aktif, memiliki resiko demensia yang lebih rendah dibandingkan dengan orang lainnya yang tidak aktif secara fisik.

 

Sumber: tipssehat