Rambut Putih Di Usia Dini

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

356

Rambut putih (uban) biasanya akan bertambah seiring pertambahan usia. Tapi tidak jarang rambut putih tumbuh sebelum waktunya dan hal ini dapat meresahkan beberapa orang. Anda pasti bertanya-tanya kenapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya karena usia bukan satu-satunya factor yang menyebabkan rambut berubah warna. Lebih lengkapnya, inilah penyebab rambut putih:

  1. Usia

Seiring dengan penuaan, folikel rambut akan kehilangan sel pigmen yang mengandung melanin, sehingga menyebabkan rambut berubah berwarna putih. Biasanya ini mulai terjadi di usia 30 tahun.

  1. Genetika

Rambut uban yang muncul sebelum usia 30 sebagian besar disebabkan oleh faktor genetika. Ras Kaukasia akan lebih cepat berambut putih, biasanya dimulai sejak usia 20 tahun, sedangkan Ras Asia dimulai sejak usia 25 tahun. Merupakan keuntungan bagi Ras yang berkulit hitam karena rambut putihnya baru muncul sejak usia 30 tahun.

  1. Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dapat menyebabkan tumbuhnya rambut putih lebih cepat. Kekurangan vitamin ini mempengaruhi pigmentasi, sehingga rambut berubah menjadi warna putih.

  1. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis, termasuk penyakit autoimun, dapat meningkatkan risiko seseorang untuk beruban sejak dini.

  1. Stress

Studi dari New York University, menemukan bahwa sel-sel pigmen yang mengandung melanin dapat habis saat tubuh mengalami stres.

  1. Merokok

Merokok memiliki efek buruk pada tubuh dan berkontribusi pada rambut putih. para peneliti telah menemukan hubungan antara merokok dan hilangnya pigmentasi rambut.

  1. Pewarna rambut kimia dan produk rambut

Pewarna rambut kimia dan produk rambut, bahkan sampo, bisa berkontribusi menyebabkan rambut berwarna putih. Banyak dari produk ini mengandung bahan berbahaya yang mengurangi melanin.

Jangan panik dulu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari timbulnya uban pada rambut, misalnya diet tinggi antioksidan. Diet yang kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif. Makan diet dengan banyak makanan yang kaya antioksidan, termasuk sayuran dan buah-buahan, dapat membantu mencegah rambut berwarna putih. Makanan yang kaya antioksidan adalah buah dan sayuran segar, teh hijau, makanan yang mengandung minyak zaitun, dan ikan. Cara kedua adalah memastikan vitamin yang kita butuhkan sudah tercukupi. Apabila belum, maka kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-12 seperti makanan laut, telur, dan daging, sedangkan susu, salmon, dan keju dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Suplemen vitamin yang tersedia juga dapat mengatasi kekurangan vitamin.

Cara terakhir untuk mencegah uban muncul di usia dini adalah berhenti merokok dan membatasi penggunaan pewarna rambut. Nah, sudah jelas kan? Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yaa. (LM/CM)

Referensi:

Cynthia Cobb, A. 2018. White hair: Causes and ways to prevent it. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320288.php


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store