Rambut Rontok Bikin Pusing? Kenali Dulu Penyebabnya

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

233

Rambut yang indah akan menunjang penampilan seseorang, namun bagaimana bila rambut Anda terus rontok.

Rambut yang menipis menyebabkan masalah pada banyak orang. Kondisi tersebut memiliki berbagai macam penyebab hingga sering kali sulit untuk diidentifikasi mengapa rambut menjadi rontok. Obat atau tindakan medis lainnya mungkin bermanfaat untuk mengatasi penyebab utama. Namun untuk membantu mengatasi rambut yang menipis, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab rontok agar Anda mudah mengatasi masalah yang satu ini.

Berikut adalah penyebab rambut rontok:

1.      Gangguan hormon

Penyebab rambut rontok yang paling umum terjadi pada pria dan wanita adalah kondisi turun-temurun dimana hormon seks menyebabkan rambut rontok dengan pola tertentu. Meskipun kebotakan pria dan wanita bersifat permanen, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat dan menanganinya.

Kerontokan rambut pada pria karena akar rambut yang terlalu peka terhadap salah satu jenis hormon testosteron yaitu dihidrotestosteron (DHT). Tingginya DHT membuat helai rambut menjadi lebih tipis dan lebih cepat rontok dari akarnya.  Kerontokan rambut pada pria ini dikenal dengan istilah medis “alopesia androgenetik”

Turun naiknya kadar hormon dalam tubuh dapat memicu terjadinya kerontokan rambut tidak permanen seperti wanita hamil, wanita yang baru menggunakan atau berhenti menggunakan alat kontrasepsi atau wanita yang mengalami menopause bisa mengalami penipisan rambut secara temporer.

Untuk membantu memperlambat penipisan rambut yang berhubungan dengan hormon yaitu dengan melakukan perawatan rambut dengan baik, menggunakan produk-produk rambut yang alami, dan mengubah gaya rambut.

2.      Gangguan kondisi medis

Kondisi medis tertentu dapat menyebabkan kerontokan rambut, seperti:

  • Masalah tiroid. Hormon tiroid yang kurang maupun yang berlebihan dapat  membuat Anda mengalami kerontokan rambut yang cukup parah.
  • Infeksi kulit kepala dan gangguan pada kulit. Kerontokan rambut bisa merupakan akibat dari kondisi kulit seperti kurap. Mengatasi masalah infeksi pada kulit kepala dan kulit ini dapat membantu rambut tumbuh kembali.
  • Alopesia areata adalah kondisi dimana sistem imun tubuh menyerang folikel rambut, sehingga terjadi kerontokan.

Mengatasi kondisi-kondisi penyakit tersebut dapat membantu memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut. Jika mengalami salah satu kondisi berikut, berkonsultasilah pada dokter untuk melakukan program terapi sehingga rambut mulai tumbuh kembali

3.      Obat yang dikonsumsi

Obat-obatan tertentu dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Oleh karena itu sebaiknya Anda memeriksa obat-obatan yang sering Anda konsumsi.

Apabila Anda memang mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerontokan  rambut. Anda bisa bertanya kepada dokter apakah ada obat lain sebagai pengganti namun tidak menyebabkan kerontokan pada rambut.

Obat-obatan dibawah ini merupakan obat-obatan yang memiliki efek samping kerontokan rambut:

  • Obat Kanker
  • Obat antidepresi
  • Obat untuk gangguan pada jantung
  • Obat untuk mengatasi radang sendi
  • Obat untuk menurunkan tekanan darah

4.      Stres

Salah satu penyebab kerontokan rambut yang lain adalah stres. Kerontokan rambut bisa disebabkan karena adanya gangguan pada kondisi fisik Anda namun juga bisa disebabkan oleh karena adanya gangguan kondisi mental seperti stres yang berkepanjangan. Setiap kondisi yang mengganggu sistem pada tubuh dapat menyebabkan masalah pada kondisi tubuh Anda salah satunya adalah rambut rontok.

Penyebab diatas adalah penyebab kerontokan rambut yang cukup parah ada baiknya, bila Anda mengalami semua hal diatas segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store