Rasakan Dahsyatnya Buah Leci Yang Imut Dan Manis

126

Saat udara sedang panas, paling enak minum yang dingin-dingin. Salah satu minuman enak yang bisa dipesan adalah es teh leci. Minuman teh dingin yang dicampur dengan leci, hmmmmm nikmatnya.

Leci yang memiliki nama ilmiah Litchi chinensis adalah dalam keluarga soapberry. Buah yang dapat tumbuh di iklim tropis dan subtropis dan berasal dari Cina.

 

Nilai gizi dari leci

Leci mengandung 65 kalori untuk 100 gram leci. Kandungan dalam 100 gram leci adalah karbohidrat 6%, serat 5%, protein 2%. Vitamin yaitu vitamin C 119%, Vitamin B6 5%, riboflavin 4%, asam folat 3%. Mineral yaitu tembaga 7%, kalium 5%, fosfor 3%, mangan 3%.

Selanjutnya, leci merupakan sumber serat makanan, protein, dan sumber yang baik dari proantosianidin dan senyawa polifenol.

 

Nah ini manfaat kesehatan dari leci:

  • Pencernaan

Kadar serat dalam leci membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan memperbaiki konsistensi tinja. Serat membantu gerakan usus lebih lancar dan merangsang gerak peristaltik otot usus halus kecil. Membantu kerja lambung dan cairan pencernaan, sehingga penyerapan nutrisi lebih efisien. Sehingga mengurangi sembelit dan masalah gangguan pencernaan lainnya.

  • Sistem kekebalan tubuh

Kadar gizi yang paling signifikan dalam leci adalah vitamin C, dan buah ini memiliki kadar vitamin c yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Vitamin C adalah senyawa antioksidan utama dan dikenal untuk merangsang aktivitas sel-sel darah putih, garis pertahanan utama dari sistem kekebalan tubuh Anda.

  • Mencegah kanker

Senyawa polifenol dan proantosianidin yang ditemukan dalam leci sebenarnya bahkan lebih kuat daripada vitamin C dalam menetralisir radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Radikal bebas adalah produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel yang dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, gangguan kognitif, dan penuaan dini, dan gangguan kesehatan lain yang tidak diinginkan lainnya.

Leci merupakan sumber yang kaya senyawa organik, sehingga dapat dikonsumsi sebagai tindakan pencegahan yang efektif dari berbagai jenis kanker.

  • Menjaga tekanan darah

Leci kaya akan kalium, yang berarti dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan, leci juga rendah sodium. Keseimbangan cairan merupakan tidak hanya berpengaruh pada metabolisme namun juga berpengaruh pada tekanan darah.

Leci dianggap sebagai vasodilator, yang berarti membantu mengurangi penyempitan pembuluh darah. Dan ternyata kadar kalium pada leci segar 3 kali lipat lebih tinggi dibanding leci segar.

Ada begitu banyak manfaat dari buah kecil yang manis ini. Namun harus diperhatikan bahwa kandungan gula dalam leci juga tinggi, sehingga untuk yang mengidap kencing manis usahakan untuk tidak konsumsi secara berlebihan.