Ratus Spa: Perawatan Tradisional Vagina Dalam Kacamata Medis

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

74

Apakah Anda pernah melakukan atau mempertimbangkan akan melakukan ‘Ratus Spa’? Salah satu tradisi jawa yang masih banyak ditemui hingga saat ini, terutama untuk calon pengantin dan ibu-ibu pasca melahirkan. Tapi sejatinya, apakah ratus spa itu aman?

Apakah itu Ratus Spa?1,2

Ratus spa adalah perawatan vagina secara tradisional dengan cara pengasapan organ intim wanita. Perawatan ini dipercaya mampu merawat kesehatan, kebersihan, melancarkan aliran darah, dan mengurangi bau tak sedap di area organ intim wanita. Beberapa orang juga percaya ratus bisa memberikan kepuasan seksual karena mampu mengencangkan otot-otot di vagina.

Ramuan berbagai rempah alami umumnya mengandung campuran dari kayu secang, kunyit, bunga mawar, temu lawak, pala, hingga akar wangi. Pada perkembangan modern, beberapa salon penyedia jasa ratus vagina menggabungkan ramuan rempah tradisional dengan penyinaran sinar inframerah. Sinar panas yang dipancarkan dari inframerah kemudian diserap oleh kulit dan jaringan vagina untuk energi ekstra dan tampak awet muda.

Apakah Ratus Spa Aman?

Tidak ada bukti ilmiah bahwa ratus spa aman bagi kesehatan. Menurut Dr. Manny Alvarez, ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Hackensack University Medical Center di New Jersey, seperti yang disadur dari Healthline3, ratus spa mampu membuat Anda rileks. Ada kemungkinan uap herbal akan menembus jaringan vagina, mengatur hormon dan meningkatkan kesuburan. Salah satu manfaatnya adalah udara lembab dari uap meningkatkan aliran darah ke daerah vagina, meskipun tidak ada bukti ilmiah maupun penelitian yang dilakukan khusus untuk ini. Oleh karena itu, berendam di bak mandi dengan air hangat mungkin saja memiliki efek yang sama. Banyaknya ratus spa yang dilakukan adalah sebagai bentuk budaya pada daerah-daerah tertentu, sepeti Indonesia contohnya.

Beberapa Efek Buruk Secara Medis: Infeksi, Luka Bakar, dan Alergi

Vagina Anda tidak diciptakan untuk pembersihan menggunakan uap. Vagina yang terlalu panas dapat menjadi lingkungan yang sempurna untuk bakteri yang dapat menyebabkan infeksi jamur dan infeksi vagina lain. Selain itu, kulit vagina merupakan lapisan yang halus, sensitif, dan mudah trauma. Membuat vagina sebagai target untuk uap panas dapat menyebabkan luka bakar vagina.

Herbal merupakan ramuan alami, dan beberapa diketahui manjur untuk kesehatan. Herbal bila digunakan secara topikal dapat menyebabkan reaksi alergi, dan tempat terakhir yang Anda inginkan sebagai tempat dengan reaksi alergi adalah vagina Anda.

 

Catatan Penting:

Tidak ada pedoman medis yang menyatakan frekuensi maupun durasi yang tepat bagi pelaksanaan ratus spa. Tidak diketahui pula mekanisme ratus spa dapat memengaruhi kesehatan Anda atau bayi yang mungkin sedang berkembang jika Anda hamil. Beberapa herbal dapat menyebabkan keguguran. Jadi, sebaiknya Anda tidak menggunakan ratus spa vagina jika Anda hamil.

Ada cara yang lebih aman untuk menggunakan panas dan herbal. Cobalah menggunakan botol air panas di area panggul Anda dan teguk secangkir teh herbal hangat. Jika Anda ingin mencoba ratus spa, ada baiknya bicarakan dengan dokter Anda untuk mempertimbangkan pro dan kontra untuk situasi Anda.  (TYA)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Quamilla, Ajeng. 2017. Ratus Vagina Ternyata Berbahaya, Ini 3 Alasannya, dapat diakses di https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/perawatan-kewanitaan/3-bahaya-ratus-vagina-kesehatan-wanita/
  2. 2018. Fakta Manfaat Ratus yang Perlu Anda Ketahui, dapat diakses di https://www.alodokter.com/fakta-manfaat-ratus-yang-perlu-anda-ketahui
  3. McDermott, Annette. 2017. Everything You Need to Know About Vaginal Steaming, dapat diakses di https://www.healthline.com/health/womens-health/vaginal-steaming