REHABILITASI MEDIK PADA PENDERITA PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK

7

Rehabilitasi medik paru merupakan aspek penting dari perawatan pasien dengan penyakit paru obstruktif kronis dengan maksud untuk meningkatkan pernapasan, kapasitas latihan, kekuatan otot, kesejahteraan fisik dan mental secara keseluruhan, dan kualitas hidup terkait kesehatan. Rehabilitasi medik paru umumnya dianggap efektif untuk mengembalikan fungsi paru.

Rehab Medik Penderita PPOK

Ketika hidup dengan gangguan paru obstruktif kronis, kegiatan sehari-hari seperti berjalan atau naik tangga bisa menjadi lebih sulit. Olehnya perlu dilakukan rehabilitasi medik paru.

Pada dasarnya, terapi rehab medik ini merupakan terapi formal yang akan membangun kebugaran dan membantu anda bernapas sebaik mungkin. Rehabilitasi medik paru meliputi:

  1. Olahraga
  2. Teknik pernapasan
  3. Nutrisi
  4. Relaksasi
  5. Dukungan emosional dan kelompok
  6. Obat
  7. Strategi untuk hidup lebih baik dengan PPOK

Olahraga

Kunci dari rehabilitasi paru untuk PPOK adalah olahraga, yang akan membantu paru-paru dan jantung bekerja lebih baik. Berikut ini beberapa latihan lainnya, yang bisa dilakukan secara pribadi dengan pelatih atau dalam kelompok:

  1. Tubuh bagian bawah: Sebagian besar terapi rehab medik menawarkan serangkaian latihan yang berpusat pada latihan kaki. Ini bervariasi dari hanya berjalan di atas treadmill atau melakukan naik turun tangga yang leih intens. Sebagian besar manfaat yang terbukti dari rehabilitasi medik paru ditunjukkan dalam penelitian mengenai orang-orang yang melakukan latihan kaki.
  2. Tubuh bagian atas: Otot-otot di tubuh bagian atas penting untuk bernafas, juga untuk aktivitas sehari-hari.
  3. Breathing: Meniup melalui corong terhadap dapat meningkatkan kekuatan otot-otot pernapasan. Latihan-latihan ini mungkin bermanfaat bagi orang dengan otot-otot pernapasan yang sangat lemah.
  4. Latihan kekuatan: Sebagian besar latihan rehabilitasi paru fokus pada membangun daya tahan. Menambahkan latihan kekuatan, seperti angkat beban, telah terbukti bermanfaat juga.

Edukasi Diri Sendiri

Banyak program rehabilitasi medik paru menawarkan sesi pendidikan kelompok atau pribadi untuk membantu anda belajar mengelola PPOK dengan lebih baik. Edukasi mungkin fokus pada hal-hal seperti:

  1. Memahami rencana terapi penngobatan anda. Ini termasuk bagaimana cara menggunakan inhaler dengan yang benar dan secara teratur.
  2. Cara mendapatkan terapi oksigen yang maksimal
  3. Jika anda seorang perokok, maka berhenti merokok
  4. Makan makanan yang sehat

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengetahui tentang PPOK dan rencana pengobatan, lebih mampu menemukan gejala yang mungkin muncul kembali dan mengambil tindakan yang tepat.

Bantuan emosional

Orang dengan PPOK parah memiliki peluang besar untuk mengalami depresi atau kecemasan. Ini dapat membuat anda kurang tertarik pada kegiatan yang menyenangkan, termasuk seks. Beberapa program rehabilitasi medik paru juga menawarkan pelatihan dan konseling relaksasi. Hal ini membuat anda memiliki kesempatan untuk bertemu penderita PPOK lainnya dan bisa salng bertukar pikiran dan perasaan.

Manfaat Rehabilitasi Medik PPOK

Kebanyakan orang yang mendapatkan rehabiltasi medik PPOK pada akhirnya akan merasa lebih baik dan biasanya dapat melakukan lebih banyak hal tanpa kehabisan napas.

Hampir semua orang yang mendapatkan rehabilitasi medik PPOK melaporkan penderita mendapatkan manfaat:

  1. Nafas yang lebih panjang
  2. Lebih energik
  3. Lebih dapat mengendalikan PPOK
  4. Berada di rehabilitasi medik dapat membantu mencegah anda pergi ke rumah sakit. Bagi penderita yang mempertahankan tingkat olahraga mereka, manfaat dari rehabilitasi paru dapat berlangsung selama bertahun-tahun. (LM)

Referensi

(2019). Retrieved from http://www.cpa.org.uk/information/reviews/CPA-Rapid-Revi ew-Pulmonary-Rehabilitation-for-patients-with-Chronic-Obstructive-Pumonary-Disease.pdf

Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, L., Management, P., & Conditions, S. et al. (2019). What Is Pulmonary Rehab for COPD?. Retrieved from https://www. webmd.com/lung/copd/pulmonary-rehabilitation-for-copd#1