REKOMENDASI IMUNISASI ANAK DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19

20

Pandemi Covid-19 terus mempengaruhi masyarakat di seluruh dunia. Beberapa strategi diterapkan untuk memperlambat penyebaran penyakit di masyarakat termasuk menunda atau membatalkan prosedur medis yang tidak mendesak serta menggunakan pengobatan jarak jauh sebagai pengganti pertemuan secara langsung untuk kunjungan medis rutin.

Strategi berbeda diperlukan bagi penanganan bayi baru lahir termasuk dengan pemberian imunisasi dasar. Pelayanan imunisasi merupakan komponen yang penting dari pelayanan kesehatan sehingga pemberian imunisasi dasar tetap harus dipertahankan dan diusahakan di masa pandemi Covid-19 jika memungkinkan untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan yang fatal di masa depan.

Meskipun berdasarkan data yang ada anak merupakan kelompok usia yang paling sedikit terinfeksi Covid-19, pelaksanaan pelayanan imunisasi tetap harus memperhatikan panduan umum yang berlaku untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19. Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan pelayanan imunisasi dasar pada anak di masa pandemi Covid-19 yaitu:

  • Diusahakan untuk menghubungi petugas kesehatan terlebih dahulu dan mengatur jadwal kedatangan untuk mencegah banyak anak dan berkumpul terlalu lama. Pada wilayah dengan kasus Covid-19 tinggi, diusahakan ada petugas yang menanyakan adakah kontak dengan keluarga atau tetangga yang dikonfirmasi positif Covid-19. Bila ada kontak, maka akan dilayani sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Kemenkes. Jika tidak, imunisasi diberikan sesuai jadwal.
  • Diusahakan agar ada petugas yang mengatur untuk memisahkan anak sakit dan anak sehat dengan ruang tunggu dan ruang pelayanan yang berbeda. CDC juga merekomendasikan untuk memisahkan jadwal kunjungan untuk anak yang sehat pada pagi hari dan anak yang sakit pada sore hari.
  • Sediakan hand sanitizer berbasis alcohol jika tidak tersedia fasilitas cuci tangan dengan air dan sabun agar orang tua dan anak tetap bisa mencuci tangan saat datang dan saat sebelum pulang ke rumah.
  • Anak yang sudah bisa berjalan perlu dijaga dan diawasi agar tidak berjalan mondar-mandir di fasilitas kesehatan dan jauhi orang yang sedang sakit/menunjukan gejala batuk pilek.

Selama masa pandemi Covid-19, dianjurkan tetap memperhatikan pelaksanaan pembatasan fisik sesuai anjuran pemerintah. Anak yang sehat dan orang tuanya sebaiknya tidak keluar rumah kecuali ada keperluan yang sangat penting misalnya untuk imunisasi. Di rumah anak tetap diberikan ASI dan makanan bergizi sesuai dengan usianya dan jaukan dengan orang yang sakit batuk/pilek. Untuk orang tua pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mennyentuh anak dan hindari untuk mencium anak. Jika ada keluhan sebaiknya segera berkonsultasi dengan petugas kesehatan. (PK/PP)

Referensi:

  • PKK Kemenkes RI. Rekomendasi Imunisasi Anak Pada Situasi Pandemi Covid-19. 2020
  • CDC US. Maintaining Childhood Immunizations During COVID-19 Pandemic. 2020
  • WHO. Guidance on routine immunization services during COVID-19 pandemic in the WHO European Region. 2020