Remaja Dan Permasalahannya

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

99

Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa dimana sekarang ini remaja banyak menghadapi berbagai tuntutan dari segala resiko perkembangan globalisasi yang sangat pesat. Masalah-masalah yang dihadapi remaja ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekatnya seperti keluarga, teman-teman atau sanak saudara. Kegagalan dalam menghadapi masalah-masalah ini dapat menimbulkan kelainan tingkah laku remaja bahkan menyebabkan gagguan psikologis.

Beberapa masalah psikologis yang sering timbul dimasa remaja yaitu:

  1. Emosi tidak stabil

Emosi yang tidak stabil mengakibatkan remaja cenderung labil dalam bersikap. Emosi ini yang membuat ia mudah untuk bertengkar dengan teman-temanna, tidak bergairah, pemalas, bahkan bisa membentuk self-defense mechanism. Emosi yang tinggi pada fase remaja sebaiknya tidaklah dibiarkan begitu saja. Sebagai orang tua, Anda perlu memberikan perhatian terdekat agar nantinya tak menimbulkan hal hal yang merugikan. Anda bisa mengajak putra putri Anda berbincang santai sehingga Anda bisa mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh mereka.

  1. Sikap menentang

Munculnya sikap menentang pada orang tua, biasanya terjadi karena memiliki pandangan yang berbeda. Untuk menyikapi hal ini orang tua harus mencoba untuk memahami kondisi psikis anak, dan jangan memaksakan kehendak Anda pada anak.

  1. Gelisah

Gelisah karena banyak hal yang diinginkan, tetapi ia tidak sanggup memenuhi keinginannya itu. Remaja cenderung ingin mencapai sebuah eksistensi, ingin diperhatikan, menjadi popular, serta memiliki sebuah prestasi atau penghargaan, apabila hal ini tidak terpenuhi maka bisa timbul sikap memberontak, karena apa yang diinginkannya terebut ditentang oleh lingkungan sekitarnya.

  1. Senang bereksperimen

Keinginan yang menggebu-gebu disertai rasa penasaran yang tinggi pada akhirnya membuat para remaja senang sekali untu melakukan eksperimen-eksperimen. Maka tak heran jika tak di arahkan dengan baik, eksperimen yang dilakukan pera remaja ini cenderung kearah negatif. Salah satunya adalah merokok, narkoba, minum-minuman keras, hingga pergaulan bebas.

  1. Suka membentuk kelompok dan melakukan aktivitas berkelompok.

Di usia remaja kesukaan untuk membuat kelompok ini terjadi karena di fase ini, kebutuhan untuk pengakuan, perhatian, dan kasih sayang dari orang lain sangat tinggi. Sehingga hal tersebut membuat remaja suka terlibat di beberapa grup ataupun kelompok pertemanan.

Pengawasan tingkah laku remaja oleh orang tua, diakui cukup sulit karena lingkungan remaja sekarang sudah sangat luas. Untuk itu menanamkan rasa tanggung jawab pada remaja serta memberi arahan yang sesuai pada remaja diharapkan mampu mengendalikan perilakunya, serta ia bisa segera mengerti, menyadari dan memperbaiki diri ketika berbuat salah

Pahamilah kondisi psikis anak, agar tercipta suatu hubungan yang harmonis dalam keluarga Anda! (RH)

Daftar Pustaka

Nazario B, MD. 2011.  5 Teen Behavior Problems: A Troubleshooting Guide. WebMD. Available at https://webmd.com/parenting/features/behavior-problems#1


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store