ROBOTIC SURGERY

64

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini banyak penyakit-penyakit yang sudah dapat disembuhkan, begitu juga dengan penyakit yang memerlukan pembedahan. Pembedahan terbuka sekarang sudah mulai dikurangi dengan ditemukannya alat minimal invasif seperti laparoskopi sehingga resiko operasi terbuka dapat dikurangi seperti infeksi, kehilangan darah yang banyak, perawatan yang lama dll. Salah satu pengembangan untuk minimal invasif yang jauh lebih maju dengan pembedahan menggunakan robot adalah Robotic Surgery. Robotic Surgery adalah bentuk dari pengembangan teknologi kedokteran yang menggunakan sistem robot untuk membantu prosedur pembedahan. Walaupun bersifat robotik yang dilengkapi komputer, sistem ini tidak dapat mengambil keputusan sendiri dalam pembedahan, jadi dokter ahli masih berperan dalam tindakan operasinya.

Ahli bedah menggunakan sistem komputer untuk mengontrol lengan robot dan ujung-efektor, dan dapat juga menggunakan telemanipulators untuk inputnya. Salah satu keuntungan dari menggunakan metode komputerisasi adalah bahwa dokter bedah tidak harus hadir di kamar operasi, ahli bedah bisa saja berada dimana saja diseluruhi dunia, dan ini memungkinan untuk melakukan operasi jarak jauh. Dalam kasus operasi terbuka yang sekarang menggunakan instrumen dari baja, untuk meregangkan iga dapat lebih halus apabila dilakukan dengan robot, gerakan umpan balik yang terkendali dapat dilakukan dibandingkan dengan memakai tangan manusia. Tujuan utama dari instrumen hebat tersebut adalah untuk mengurangi atau menghilangkan trauma jaringan yang biasanya didapatkan pada operasi terbuka.Keterampilan ini dapat didapat oleh ahli bedah dengan malakukan pelatihan hanya beberapa menit saja.

KEUNTUNGAN

Karena harga dari mesin ini sangat mahal dan, tentunya harganya juga mahal. Di Asia Tenggara Singapore yang mempunyai mesin ini pertama kali. Untuk Indonesia RS. Bunda Jakarta adalah yang pertama.

Keuntungan utama dari Robotic Surgery adalah:

  1. Beberapa keuntungan utama dari operasi robot adalah lebih presisi
  2. Sayatan yang lebih kecil
  3. Mengurangi kehilangan darah
  4. Waktu penyembuhan lebih cepat, mempersingkat lama rawat paska operasi
  5. Angka kesakitan lebih rendah
  6. Kepuasan terhadap hasil operasi lebih tinggi

Keuntungan lainnya dibandingkan dengan manipulasi biasa adalah perbesaran tiga dimensi dan lebih ergonomis. Penggunaan robot juga meminimalisasi gangguan pembedahan akibat getaran tangan dokter saat membedah atau menjahit untuk menutup luka.


APLIKASI
Robotic Surgery di dunia sudah sangat luas dan dilakukan untuk berbagai cabang ilmu seperti Kebidanan, Onkologi atau bedah tumor dan kanker, Urologi atau bedah saluran kencing, Bedah Thorax atau rongga dada, Bedah Orthopedi atau tulang, namun untuk di RS. Bunda Jakarta, untuk langkah awal tindakan yang dapat dilakukan adalah:

1. Myoma Uteri atau pengangkatan tumor dalam rahim

2. Kista Ovarium atau pengangkat tumor yang menempel pada indung telur

3. Hysterektomi (angkat rahim)

4. Kanker Prostat (kelenjar penghasil salah satu komponen cairan mani)

5. Kanker Usus


Inilah perkembangan teknologi dalam proses operasi pembedahan medis. Mulai dari awal masa zaman batu tengah yang masih sangat primitif dengan tujuan pembedahan yang kurang begitu realistis dan dengan didukung peralatan seadanya, sampai pada masa kini yang telah ditemukan teknologi canggih yang bahkan manusia hanya menggerakannya dengan remot control atau joystick dengan bantuan kamera, monitir, dan bahkan robot. Semoga dengan berkembangnya teknologi ini, dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kebaikan manusia. Serta juga dapat menolong sesama kita tanpa harus bersusah-susah karena telah ada yang mempermudah, yaitu teknologi. Dan juga saya berharap dengan ditemukannya teknologi canggih ini, dapat memotivasi kita untuk terus belajar dan berkreasi untuk membuat suatu penemuan yang bermanfaat bagi seluruh manusia, tidak hanya sebagai pemakai/konsumen, tapi juga sebagai penemu hal baru. (SY)

SHARE
Previous articleMENGENAL CT SCAN
Next articleENDOSKOPI